Lokasi, Spot Menarik, dan Tiket Masuk Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi di Yogyakarta. Berikut ini informasi lokasi dan tiket masuk Tebing Breksi.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Tebing Breksi adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi di Yogyakarta, Jawa Tengah. Terletak di ketinggian sekitar 200 mdpl, hal ini membuat pengunjungnya dapat melihat pemandangan indah dari ketinggian Tebing Breksi.

Tiket masuk Tebing Breksi sendiri cukup murah, tak heran kalau tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung domestik maupun mancanegara.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari laman Wonderful Indonesia, sebelum menjadi tempat wisata, Tebing Breksi merupakan tempat penambangan batuan alam.

Pada 2014, pemerintah menutup kegiatan penambangan di Tebing Breksi. Kemudian, lokasi penambangan ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi.

Lalu pada 30 Mei 2015, Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Tebing Breksi sebagai tempat wisata baru di Yogyakarta.

Lokasi dan rute Tebing Breksi

Tebing Breksi terletak di Desa Lengkong, RT 02 RW 17, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tebing Breksi berada di sebelah selatan Candi Prambanan, berdekatan dengan Candi Ijo dan juga Kompleks Keraton Boko.

Rute menuju Tebing Breksi cukup mudah sebab lokasinya berada di jalur utama Prambanan-Piyungan, sekitar 1 km sebelum sampai ke Candi Ijo.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa menempuh perjalanan darat sejauh 17 kilometer dari Kota Yogyakarta atau sekitar 30 menit.

Informasi selengkapnya mengenai Tebing Breksi, Anda bisa mengunjungi situs resimnya di tebingbreski.com atau akun Instagram resminya di @tebingbreksi_official.

Spot menarik di Tebing Breksi




Tebing Breksi adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi di Yogyakarta. Berikut ini informasi lokasi dan tiket masuk Tebing Breksi (Detikcom/Bagus Kurniawan)

Tebing Breksi memiliki sejumlah objek wisata yang menarik. Berikut beberapa di antaranya.

1. Ornamen pahatan

Tebing Breksi memiliki ukiran seni berbentuk relief dan patung dari cerita pawayangan. Pemandangan dinding tebing dengan oramen patahan juga memberikan daya tarik tersendiri.

Sisa-sisa dari aktivitas penambangan menghadirkan ornamen pahatan yang membuat tebing ini tampak seperti kue lapis.

Spot menarik ini kerap dijadikan latar berfoto para wisatawan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam dari atas tebing.

2. Tempat menarik di sekitar

Pengunjung juga dapat berkeliling Tebing Breksi untuk melihat Candi Iko, Watu Payung/Selo Langit sampai Obelix Hilss dengan menyewa Jeep Wisata.

Wisatawan juga dapat berkeliling untuk mengunjungi Bukit Teletubbies, Desa Wisata Pereng, dan berakhir di Desa Wisata Rumah Domes.

3. Patung naga

Tebing Breksi juga memiliki patung ikonis berbentuk naga. Ukiran patung naga ini berada di sisi tebing kecil yang didesain oleh pemahat Kasdwiyanto seperti dikutip dari Tebing Breksi.

Desain naga ini merupakan perpaduan antara ukiran naga Bali dan Yogyakarta. Menurut falsafah Jawa, naga berarti sang penjaga.

Jam operasional

Untuk jam buka, Tebing Breksi memiliki waktu operasional yang berbeda pada hari kerja dan akhir pekan.

  • Senin-Jumat: 08.00 – 21.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 07.00 -21.00 WIB

Tiket masuk Tebing Breksi

Berikut tiket masuk Tebing Breksi terbaru.

  • Tiket masuk domestik: Rp10 ribu
  • Tiket masuk mancanegara: Rp20 ribu

Tiket tersebut belum termasuk biaya parkir berikut ini.

  • Parkir motor: Rp2 ribu
  • Parkir mobil: Rp5 ribu
  • Parkir minibus/elf: Rp15 ribu
  • Parkir medium bus/big bus: Rp15 ribu

Itulah informasi mengenai lokasi, rute, objek menarik, dan tiket masuk Tebing Breksi. Selamat berwisata!

(juh)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts