Lokasi, Jam Buka, dan Daya Tarik

Alun-Alun Surabaya letaknya cukup strategis dan mempunyai berbagai fasilitas menarik. Berikut lokasi, jam buka, dan daya tariknya.
Jakarta, CNN Indonesia

Alun-Alun Surabaya adalah salah satu tempat wisata murah meriah yang sering dikunjungi wisatawan untuk sekadar bermain, bersantai, atau berkumpul.

Read More

Lokasi alun-alun ini berada di Jalan Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alun-Alun Surabaya letaknya cukup strategis dan mempunyai berbagai fasilitas ini membuat siapa saja tertarik untuk berkunjung.

Sejarah Singkat Alun-Alun Surabaya




Lokasi, jam buka, dan daya tarik Alun-Alun Surabaya (Dok. Humas Pemkot Surabaya)

Dikutip dari situs resmi Disbudporapar Kota Surabaya, alun-alun ini kali pertama dibangun pada 1907 dengan nama Simpangsche Societeit atau Simpangsche Club.

Fungsinya adalah sarana hiburan malam kaum elite, terutama warga Belanda, yang tinggal di Surabaya. Simpangsche Societeit dibangun arsitek asal Belanda bernama Westmaes.

Pada zaman itu warga pribumi kesulitan menyebut nama gedung ini sehingga warga lokal menamainya Roemah Kamar Bola sebab terdapat permainan biliar.

Bangunan yang dirancang dengan memperhatikan iklim Kota Surabaya ini menjadi cagar budaya. Gedung dengan ciri khas dome yang menyerupai mahkota ini menjadi landmark Surabaya. Saat ini namanya berubah menjadi Gedung Balai Pemuda.

Balai Pemuda sebagai pusat kegiatan seni dan budaya, dilengkapi sarana umum serta area terbuka yang cukup luas. Fasilitas lain di Balai Pemuda adalah Alun-alun Surabaya yang terdiri dari area basement dan area outdoor.

Kemudian Alun-Alun Sarabaya diresmikan wali kota kala itu yakni Tri Rismaharini pada 17 Agustus 2020.

Ditambahkan dari buku Catatan Jejak Wisata terbitan Penerbit Uwais (2023), tempat ini memiliki keunikan yakni sebagai alun-alun bawah tanah pertama di Indonesia.

Alun-Alun Surabaya kerap menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat untuk berlibur atau rekreasi di tengah kota dengan area yang lapang.

Jam Buka Alun-Alun Surabaya

Alun-alun Surabaya buka hari Selasa sampai Minggu dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi akun Instagram resminya yakni @alunalun.surabaya bisa juga mengirimkan pesan melalui WA 081944521585.

Fasilitas dan Daya Tarik Alun-Alun Surabaya

Ada banyak daya tarik di alun-alun Surabaya yang bisa dijelajahi, mulai dari area bermain, instalasi seni, taman terbuka, sampai ruang bawah tanah.

1. Air mancur

Alun-Alun Surabaya juga memiliki ornamen air mancur di bagian luarnya. Air mancur ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat maupun wisatawan.

Air mancur yang indah ini cocok dijadikan spot foto karena instagramable.

2. Area skatepark

Di ruang bawah tanah, terdapat area bermain skatepark yang boleh digunakan siapa saja alias terbuka untuk umum.

Selain terbuka untuk umum, bermain skate di basement ini juga gratis dan tidak akan dipungut biaya.

3. Area warung makan

Alun-alun Surabaya dilengkapi dengan area warung makan atau foodcourt yang menjual aneka makanan hingga camilan khas Jawa Timur.

Sambil bersantai atau menongkrong, pengunjung tidak akan kelaparan karena warung makan di sini cukup bervariasi dan banyak pilihannya.

4. Area terbuka

Area terbuka di taman alun-alun Surabaya suasananya bersih, rapi, dan membuat siapa saja nyaman untuk santai berlama-lama di tempat ini.

Selain itu, area terbukanya mempunyai ornamen air mancur indah.

5. Gedung Balai Budaya

Alun-alun Surabaya mempunyai gedung serbaguna atau disebut Balai Budaya. Tempat ini seringkali digunakan untuk menggelar pertunjukan seni berbagai daerah.

Acara yang digelar di Balai Budaya bisa berbeda-beda. Apabila saat berkunjung ke sini sedang ada kegiatan seni, tidak ada salahnya mampir berkunjung ke area dalam gedung.

6. Instalasi seni

Daya tarik lain dari alun-alun di Surabaya yaitu mempunyai beragam instalasi seni yang terbuat dari kaca.

Apabila sedang menggelar pameran seni, instalasi tersebut kaca tersebut akan diisi oleh beragam karya seni untuk dipamerkan.

7. Ruang bawah tanah

Kalau biasanya alun-alun kota hanya berupa ruang terbuka hijau, berbeda dengan alun-alun Surabaya yang memiliki ruang bawah tanah atau basement.

Di ruang bawah tanah ini bukan sekadar tempat sepi yang gelap, melainkan ruangan cukup luas dan rapi yang sering dipakai untuk menggelar pameran seni kebudayaan.

(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts