Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan Siang, Dijamin Tubuh Tetap Segar

Mengantuk setelah makan siang sebenarnya normal. Namun jika sampai mengganggu aktivitas, artinya ada kebiasaan yang perlu diperbaiki.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Setelah makan siang mengantuk? Anda tidak sendirian. Lakukan hal ini agar tubuh tetap segar usai makan siang.

Jam istirahat makan siang sepertinya jadi waktu yang dinantikan selama bekerja. Anda bisa menyantap bekal sekaligus mengobrol dengan rekan kerja.

Akan tetapi setelah makan siang tubuh agak lemas dan rasanya sangat ngantuk. Cukup sulit mengembalikan tubuh ke ‘mode’ bekerja.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk menghindari setelah makan siang ngantuk, cukup lakukan ini.

1. Hindari berbaring

Tak hanya usai makan siang, usai sesi makan besar rasanya tubuh ingin rebahan. Sebaiknya berdiri atau duduk untuk memastikan makanan tetap di lambung lalu bergerak ke usus.

Rebahan hanya membuat tubuh kesulitan mencerna makanan dan makanan berpotensi berbalik ke esofagus.

“Kalau Anda tertidur, otot pada perut dan usus 12 jari jadi lambat, yang mana menimbulkan rasa tidak nyaman lebih lama,” jelas Matthew Bechtold, ahli gastroenterologi, seperti dilaporkan Real Simple.

2. Jalan kaki

Pertimbangkan untuk jalan santai sekitar 10-15 menit. Aktivitas ringan ini akan membantu mempercepat pencernaan, meminimalkan kembung dan ketidaknyamanan di perut. Udara segar pun akan membuat Anda lebih bersemangat.

Akan tetapi, jalan kaki ringan ini bukan untuk membakar kalori. Pun aktivitas fisik berat setelah makan besar bukan keputusan baik sebab bisa memperlambat pencernaan dan memicu masalah perut.

3. Peregangan ringan




Ilustrasi. Lakukan peregangan ringan setelah makan siang agar tubuh tetap segar. (iStockphoto/Danai Jetawattana)

Selain jalan santai, coba lakukan peregangan setelah makan siang. Peregangan akan meringankan rasa tidak nyaman di perut dan mendukung proses pencernaan makanan.

Anda tidak perlu melakukan peregangan dengan pose-pose yoga tertentu atau gerakan peregangan rumit. Santai saja dan pilih gerakan yang mudah.

4. Konsumsi probiotik

Yogurt sebagai menu makanan penutup terbilang ide baik. Konsumsi probiotik setelah makan besar akan membantu proses pencernaan.

5. Gosok gigi




Portrait of pretty young woman brushing her teeth in the bathroom at home.Ilustrasi. Menyikat gigi setelah makan siang bisa dilakukan agar badan tetap segar. (Istockphoto/nensuria)

Gosok gigi usai makan siang sangat disarankan. Melansir dari Health Shots, alasannya ada dua yakni, pertama, sisa makanan akan menempel di sela gigi dan memicu bau mulut.

Kedua, sisa makanan bisa memicu rasa lapar. Anda bisa saja ingin makan lagi meski baru beberapa jam bersantap.

(els/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts