Laga Final Siap Cetak Juara Baru, Siapa Favoritmu?

Final India Open 2023 akan berlangsung pada Minggu (22/1/2023). Menariknya, tidak ada juara bertahan dari gelaran tahun 2022 yang berhasil lolos ke partai puncak. Praktis turnamen Super 750 tahun ini akan mencetak sederet juara baru di lima sektor.

Read More

Bakal ada laga seru dan sengit, berikut sederet atlet yang lolos final India Open 2023. Calon juara baru!

1. Tunggal putri

Akane Yamaguchi dan An Se Young melaju ke final dan akan saling berebut gelar juara India Open 2023. Kedua tunggal putri andalan Jepang dan Korea ini memang cukup sering bertemu dalam pertandingan resmi. Setidaknya sudah 16 kali dan final India Open 2023 akan menjadi kali ke-17 keduanya bertemu.

Bahkan laga final kali ini seolah menjadi pertandingan ulang, persis seperti di Malaysia Open 2023. Kala itu An Se Young harus akui keunggulan Akane Yamaguchi usai rubber game yang sengit. Catatan head to head 11-5 pun masih jadi milik Akane Yamaguchi.

2. Tunggal putra

Dua atlet tunggal putra dunia melaju ke final usai sama-sama bekuk wakil Indonesia di semifinal. Ada Viktor Axelsen yang kandaskan asa Jonatan Christie dan Kunlavut Vitidsarn yang kalahkan Anthony Ginting. Praktis Axelsen dan Kunlavut akan berebut gelar juara India Open 2023.

Kunlavut sendiri belum pernah berhasil mengalahkan Axelsen dalam enam kali pertemuan sebelumnya. Terakhir Axelsen berhasil menjegal langkah Kunlavut di babak 32 besar Denmark Open 2022 dalam dua gim langsung.

3. Ganda putri

Laga final India Open 2023 sektor ganda putri akan menyuguhkan pertandingan seru antara atlet peringkat satu dan dua dunia. Sudah bisa dipastikan bahwa pertemuan antara Chen Qingchen/Jia Yifan kontra Nami Matsuyama/Chiharu Shida akan menjadi laga sengit.

Partai puncak turnamen Super 750 kali ini akan menjadi pertemuan ke-10 bagi Chen/Jia dan Nami/Chiharu. Unggul head to head 6-3, Chen/Jia sebelumnya menang straight game dalam laga final Malaysia Masters 2022.

4. Ganda putra

Dari sektor ganda putra, partai final akan mempertemukan juara dunia 2022, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan juara Japan Open 2022, Liang Weikeng/Wang Chang. Ganda putra andalan Malaysia dan China ini melaju ke final usai kalahkan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto dan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae.

Sudah punya riwayat pertemuan sebanyak dua kali, Chia/Soh belum pernah bisa mengalahkan Liang/Wang. Bahkan dalam pertemuan terakhir di babak 32 besar French Open 2022, Chia/Soh kalah dua gim langsung dengan skor 13-21, 14-21.

5. Ganda campuran

Setelah ‘monster’ ganda campuran, Zheng Siwei/Huang Yaqiong tumbang di semifinal oleh Yuta Watanabe/Arisa Higashino, juara baru juga dipastikan lahir pasca laga final India Open 2023. Yuta/Arisa akan menghadapi wakil China lainnya, Wang Yilyu/Huang Dongping di final nanti.

Riwayat pertemuan kedua pasangan ini terbilang cukup sering terjadi. Namun, catatan head to head sebanyak 11-3 masih jadi keunggulan Wang Yilyu/Huang Dongping. Keduanya terakhir bertemu di semifinal Badminton Asia Championship 2022 dimana Yuta/Arisa kalah dengan skor 12-21, 22-24.



Sumber: yoursay.suara.com

Related posts