Kota Pelabuhan Odessa Ukraina Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO 2023

UNESCO pada Rabu (25/1) menambahkan pusat bersejarah kota pelabuhan Odessa di Ukraina ke Daftar Warisan Dunia.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

UNESCO pada Rabu (25/1) menambahkan pusat bersejarah kota pelabuhan Odessa di Ukraina ke Daftar Warisan Dunia. Odessa selama ini dikenal sebagai “mutiara Laut Hitam.”

Seperti diberitakan AFP, hal itu dilakukan setelah para negara-negara anggota komite warisan dunia badan budaya PBB tersebut melakukan pengambilan suara, enam suara mendukung, satu menentang, yakni Rusia, dan 14 abstain.

Rusia yang menginvasi Ukraina sejak Februari tahun lalu, berulang kali mencoba menunda pemungutan suara.

“Sementara perang berlanjut, prasasti ini mewujudkan tekad bersama kami untuk memastikan bahwa kota ini, yang selalu mengatasi pergolakan global, dilestarikan dari kehancuran lebih lanjut,” kata Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay setelah pengambilan keputusan.

Situs itu juga ditambahkan dalam List of World Heritage in Danger (Daftar Warisan Dunia dalam Bahaya, yang menurut UNESCO) atas beberapa alasan.

” Demi memberikannya akses untuk bantuan teknis dan keuangan internasional yang diperkuat, serta untuk melindungi atau, jika perlu, merehabilitasinya.”

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Oktober 2022 secara resmi meminta daftar untuk melindunginya dari serangan udara Rusia.

Sejak invasi Rusia, orang Ukraina bergegas mencoba melindungi monumen dan bangunannya dengan karung pasir dan barikade.

Sementara itu, Odessa menjadi kawasan berkembang setelah Permaisuri Rusia Catherine yang Agung pada akhir abad ke-18 memutuskan bahwa itu akan menjadi gerbang maritim modern negara tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(AFP/chri)






Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts