Kenapa Aroma Hujan Enak? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Nikmat aroma hujan rupanya bisa mempengaruhi suasana hati. Sebenarnya, kenapa aroma hujan enak? Simak penjelasannya secara ilmiah berikut ini.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Nikmat aroma hujan rupanya bisa mempengaruhi suasana hati. Sebenarnya, kenapa aroma hujan enak? Simak penjelasannya secara ilmiah berikut ini.

Aroma hujan adalah aroma yang menyenangkan terlebih setelah sekian lama kemarau. Saking menyenangkannya, para pembuat parfum, sabun, dan pemasok wewangian ingin menciptakan aroma ini.

Aroma hujan lazim disebut petrikor. Istilah petrikor atau petrichor diusulkan oleh duo peneliti Australia yakni, I.J. Bear dan R.G. Thomas, lewat riset yang diterbitkan di jurnal Nature pada 1964.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Petrichor berasal dari kombinasi ‘petr’ yang mengacu pada batu dan ‘ichor’ yang mengacu pada aroma (essence) yang lemah. Istilah ini pun digunakan untuk merangkum “rasa yang tajam, menggugah selera dan menyenangkan” usai turun hujan.

Kenapa aroma hujan enak? Pertanyaan sederhana ini mungkin bisa dijawab riset keduanya. Mereka melakukan penelitian di India dan menemukan aroma tersebut secara khusus mengacu pada aroma yang dikeluarkan tanah liat yang terbakar di daerah kering dan bertemu percikan air.

Kemudian, melansir dari Live Science, petrikor muncul saat bahan kimia yang dihasilkan bakteri penghuni tanah, actinomycetes, dilepaskan. Senyawa aromatik ini bertemu air hujan dan menghasilkan petrikor.

Pandangan lain menyebut kenapa aroma hujan enak karena flora di kawasan tersebut. Sejumlah tumbuhan mengeluarkan minyak selama musim kemarau. Kemudian saat hujan, minyak dilepaskan ke udara.

Asam lemak yang mudah menguap termasuk asam stearat dan asam palmitat menambah aroma tanah yang menyenangkan pada aroma hujan.

Di sisi lain, aroma hujan diasosiasikan dengan ozon. Ketika badai petir, petr dapat memecah molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer lalu pada gilirannya dapat bergabung kembali menjadi oksida nitrat.

Oksida nitrat lalu berinteraksi dengan bahan kimia lain di atmosfer membentuk ozon yang punya bau tajam dan mirip klorin.

Pernah dengar ada orang yang bisa mencium bau hujan? Hal ini bisa saja dari angin badai yang mendekat telah membawa ozon turun dari awan dan terhirup manusia.

Kendati ada beberapa pandangan soal kenapa aroma hujan enak, rasanya sebagian orang sepakat kalau aroma hujan atau petrikor itu menyenangkan sekaligus menenangkan.

(els/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts