Kemeja Merah Marun Jokowi Ternyata Brand Lokal, Segini Harganya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tampak mengenakan kemeja berwarna merah marun saat melawat ke Sulawesi Utara pada Kamis (18/1). Apa maknanya?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tampak mengenakan kemeja berwarna merah marun saat melawat ke Sulawesi Utara pada Kamis (18/1). Padahal sebelumnya, Jokowi selalu mengenakan kemeja putih saat melakukan kunjungan kerja (kunker).

Tak sedikit yang bertanya-tanya, apakah ada makna di balik kemeja merah marun Jokowi?

Pada saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jokowi tampak mengenakan kemeja berwarna merah marun, di mana kemeja tersebut memiliki dua kantong di bagian dada.

Ia mengenakan kemeja tersebut dengan ciri khasnya, kedua lengan yang dilipat. Lencana kepresidenan juga tersemat di bagian dada kiri kemeja itu.

Namun, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa tidak ada maksud khusus dari Jokowi mengenakan kemeja merah marun.

“Tidak ada alasan khusus. Itu kemeja yang dibeli langsung Bapak Presiden ketika berkunjung ke Grand Indonesia,” kata Bey melalui pesan singkat, Kamis (18/1).

Bey juga mengatakan bahwa Jokowi hanya ingin tampil berbeda. Menurutnya, Jokowi sedang jenuh dengan tampilan kemeja putih yang setiap hari ia kenakan.

“Bapak Presiden sampaikan, ‘Masak putih terus? Sekali-kali warna lain. Bagus kan?’,” ucap Bey menirukan Jokowi.

Hanya saja apa sih makna warna merah marun secara umum? Mengutip Color Psychology, marun adalah warna gelap, merah kecoklatan, lebih tua dari burgundy dan tidak sekuat warna merah.

Istilah “merah marun” berasal dari kata Prancis untuk kastanye. Warna merah marun sering digunakan untuk mewakili hal-hal yang intens dan penuh gairah seperti; kepercayaan diri, pemikiran kreatif, kegembiraan, kekuatan, risiko, gairah, cinta, ambisi, keberanian, kekuatan, kehangatan, dan keindahan. 

Sebelumnya, Jokowi memang sempat ngemol di Grand Indonesia untuk berbelanja beberapa waktu lalu. Salah satu toko pakaian mereka lokal yang dihampiri Jokowi ialah brand Executive. Dia tampak membeli sebuah topi berwarna hitam dan kemeja. Kemeja merah marun Jokowi ini juga 

Memantau sejumlah marketplace daring, busana kemeja yang dijual oleh brand Executive, seperti kemeja merah marun Jokowi, berkisar dari harga Rp200 ribu hingga Rp300 ribuan.

(del/chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts