Keberanian Menteri Bahlil Melawan Bank Dunia Demi Indonesia, ‘IMF Bos, Kita Lawan’

Suara Denpasar – Menteri Bahlil jadi salah satu menteri yang banyak disorot masyarakat, pria cerdas asal Papua itu sukses membantu kinerja Pemerintah Kabinet Indonesia Maju.

Read More

Sosok dengan nama lengkap Bahlil Lahadalia itu merupakan Menteri Investasi, ia lahir di Maluku Utara dan besar di Fak Fak, Papua Barat.

Sosok yang akrab disapa Menteri Bahlil itu dikenal Cerdas, ia berhasil meningkatkan pendapatan investasi Indonesia dari tahun ke tahun masa jabatannya.

Prestasi itu ia sampaikan dalam salah satu acara talk show bersama Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia yang juga anak Presiden Jokowi.

Selain menyampaikan prestasinya dalam meningkatkan pendapatan di bidang investasi, Bahlil juga bercerita tentang keberaniannya melawan IMF World Bank.

Sebagai informasi, IMF (International Monetary Fund) dan World Bank (Bank Dunia) adalah dua lembaga yang bekerja sama dengan sangat erat dan memiliki struktur kepemimpinan bersama di dalamnya.

Bahkan, negara yang ingin bergabung dengan bank dunia harus terlebih dahulu menjadi anggota IMF. Jadi kedua lembaga itu merupakan kesatuan yang didirikan sejak tahun 1944.

Fungsi IMF World Bank adalah membangun kerja sama dalam menjaga kesehatan keuangan negara anggota, salah satunya dengan bantuan pinjaman dana.

Menteri Bahlil yang bekerja di bidang Investasi Indonesia punya cerita menarik tentang keberaniannya melawan bank dunia atau IMF World Bank.

Menteri Investasi itu bercerita ketika Indonesia sempat hampir diintervensi soal kebijakan ekonominya oleh IMF.

“Investasi itu kalau kita tidak mempunyai nasionalisme yang bagus, kita gampang dikendalikan oleh para pengusaha-pengusaha atau lembaga-lembaga asing,” ujar Bahlil dilansir Suara Denpasar dari kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat pada Sabtu, (11/11/2023).

“Contoh, aku mau kasih contoh. Kemarin IMF merilis temuan ekonominya terkait dengan salah satu di antaranya Indonesia. Dia mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia bagus, inflasinya terjaga, salah satu pertumbuhan ekonomi terbaik di dunia, dan juga dia menghargai terkait proses hilirisasi dalam rangka meningkatkan nilai tambah,” lanjutnya.

“Tapi di poin B-nya, dia (IMF World Bank) merekomendasikan untuk mempertimbangkan tentang pelarangan ekspor mineral. Artinya apa? Ini kan mau intervensi negara kita?,” jelasnya.

“Saya lapor itu kepada presiden, Presiden Jokowi mengatakan ‘Mas Bahlil, negara kita ini berdaulat, yang tahu tujuan negara kita ini adalah pemerintah dan rakyatnya’,” lanjutnya.

Menteri Bahlil kemudian menegaskan bahwa dirinya mengikuti arahan Presiden Jokowi untuk berani melawan bank dunia atau IMF World Bank demi kepentinhan Indonesia dan atas dasar kedaulatan negara ini.

“Jadi saya lawan ini barang, lawan! IMF bos! Kita lawan!,” tegasnya. (*/Dinda)

Sumber: denpasar.suara.com

Related posts