Kasus Polio Naik, Apakah Polio Bisa Sembuh?

Kasus polio kembali merebak di Indonesia. Namun satu pertanyaan yang muncul, apakah polio bisa sembuh?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Kasus polio kembali merebak di Indonesia. Namun satu pertanyaan yang muncul, apakah polio bisa sembuh?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kasus polio yang teridentifikasi di Kabupaten Pidie, Aceh bertambah dua kasus. Dengan demikian, saat ini sudah ada tiga kasus polio yang dilaporkan di Pidie, Aceh.

Budi menyebut polio tipe 2 ini ‘muncul’ di sejumlah negara dalam enam bulan terakhir, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, dan Israel, kemudian Indonesia.

“Kita juga sudah identifikasi lagi, kemarin nambah lagi kalau tidak salah, jadi tiga kasus di Pidie itu,” kata Budi dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Jakarta, Selasa (22/11).

Mengutip laman Kemenkes, virus polio adalah Virus yang termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja.Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus.

Polio dapat menyerang pada usia berapa saja, hanya saja usia paling rentan terkena polio adalah anak-anak di bawah usia lima tahun. Tapi apakah polio bisa sembuh?

“Tidak ada obat untuk polio, yang ada hanya perawatan untuk meringankan gejala. terapi fisik digunakan untuk merangsang otot dan obat antispasmodic diberikan untuk mengendurkan otot-otot dan meningkatkan mobilitas. Meskipun ini dapat meningkatkan mobilitas, tapi tidak dapat mengobati kelumpuhan polio permanen,” tulis Kemenkes.

Ketika sudah terkena polio, pengobatan ditekankan pada tindakan untuk pencegahan cacat. Untuk mencegah penularan polio disarankan untuk segera mendapatkan imunisasi polio. Apakah polio bisa sembuh? Untuk saat ini polio belum ada obatnya selain dengan imunisasi pencegahan.

(chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts