Kasus Covid-19: Jangan Abai Tetap Prokes

Akhir-akhir ini kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan karena varian XBB. Siapa paling rentan tertular?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Kasus covid-19 saat ini naik kembali. Kemenkes mengingatkan untuk tak tak lengah menerapkan protokol kesehatan demi mencegah Covid-19. Namun tak dimungkiri kalau banyak orang yang sudah makin lalai menerapkan prokes.

“Karena mungkin saat ini sudah sedikit landai, jadi abai,” Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Widyawati dikutip dari Antara.

Widyawati mencatat, berkaca pada pengalaman, tren kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia antara lain akibat masyarakat belum sadar menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Menurut dia, tingginya mobilitas masyarakat juga menjadi penyebab kenaikan kasus.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan kenaikan kasus adalah vaksinasi. Data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan, capaian dosis pertama sekitar 87,50 persen, dosis kedua sebanyak 73,41 persen. Sementara dosis ketiga sekitar 28,21 persen per 13 November 2022.

“Capaian vaksinasi primer memang perlu ditingkatkan untuk mencapai kekebalan kelompok secara nasional,” kata dia.

Efektivitas vaksinasi COVID-19 tinggi untuk mencegah terjadinya gejala berat pada pasien dan kematian akibat Covid-19. Setidaknya ada dua kelompok yang menjadi perhatian utama untuk mencapai kekebalan kelompok, yakni lanjut usia sebagai kelompok berisiko tinggi, serta populasi umum yang belum melengkapi vaksinasi dasarnya.

(chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts