Kapan Waktu yang Tepat Vaksin Booster Kedua Lansia?

Kemenkes RI mengizinkan kelompok lansia untuk mendapatkan booster kedua lansia vaksin Covid-19. Kapan waktu yang tepat untuk vaksin booster kedua lansia?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Kementerian Kesehatan RI mengizinkan kelompok lansia untuk mendapatkan booster kedua lansia vaksin Covid-19. Kapan waktu yang tepat untuk vaksin booster kedua lansia?

Dalam unggahannya, Kemenkes menyebutkan pemberian vaksinasi dosis booster ke-2 untuk lansia ini dimulai pada November 2022.

“Vaksin untuk dosis booster ke-2 ini telah mendapat persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency USed Authorization (EUA) dari BPOM serta memperhatikan vaksin yang ada,” tulis Kemenkes.

Kebijakan ini tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia. Berlaku efektif sejak ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 22 November 2022.

Jadi kapan waktu yang tepat untuk vaksin booster kedua lansia?

[Gambas:Instagram]

Kemenkes mengungkapkan bahwa pemberian dosis booster kedua untuk lansia ini diberikan dengan interval enam bulan setelah vaksinasi dosis booster pertama.

“Adapun vaksinasi COVID-19 booster kedua untuk lansia, bisa diberikan sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sejak booster pertama diberikan, sementara bagi lansia yang belum booster pertama segera dapatkan booster pertama, Kami menghimbau agar para lansia dipastikan vaksinasi primernya harus dilengkapi dulu” kata Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan, M. Syahril dari laman Kemenkes.

“Percepatan vaksinasi baik primer maupun booster perlu dilakukan mengingat pasien COVID-19 yang meninggal sebagian besar adalah masyarakat yang belum divaksinasi, lansia dan orang dengan penyakit penyerta.”

Tak dimungkiri kelompok lansia merupakan salah satu kelompok yang rentan terinfeksi COVID-19. Kapan waktu tepat untuk vaksinasi booster kedua lansia? Dimulai sejak November 2022. vaksin booster kedua lansia ini dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di pos pelayanan vaksinasi terdekat.

(chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts