Kapan Pasien Cacar Monyet Benar-Benar Dinyatakan Sembuh?

Pasien penderita cacar monyet harus melakukan isolasi untuk mencegah penularan. Sampai kapan pasien cacar monyet harus isolasi sampai dinyatakan sembuh?
Jakarta, CNN Indonesia

Pasien penderita cacar monyet harus melakukan isolasi di rumah atau rumah sakit untuk mencegah penularan. Lantas, sampai kapan pasien cacar monyet harus melakukan isolasi sampai benar-benar dinyatakan sembuh?

Read More

Ketua Satgas MPox PB IDI Hanny Nilasari mengatakan, isolasi bagi pasien cacar monyet tentunya harus dilakukan sesuai arahan dokter yang merawat. Isolasi, kata dia, bisa berlangsung 14 hingga 21 hari tergantung dari kondisi lesi kulit penderita.

“Kriteria sembuh kalau misalnya pasien sudah tidak demam 3×24 jam. Kemudian sudah tidak ada lesi kulit yang baru,” kata Hanny dalam media briefing secara daring, Selasa (7/11).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jadi kelainan kulitnya harus enggak ada, sudah tidak ada yang merah. Semua keropeng-keropengnya sudah lepas, artinya sudah ada bekas-bekas luka yang memang sudah ada epitel baru di kulitnya.”

Menurut Hanny, penilaian kriteria sembuh bagi pasien cacar monyet harus dilakukan oleh dokter dan tidak bisa dilakukan sendiri.

Hanny juga menuturkan bahwa pasien yang sudah dinyatakan sembuh tidak perlu melakukan pemeriksaan PCR ulang.

Diketahui angka kasus cacar monyet terus bertambah. Hingga 6 November 2023, kasus cacar monyet di Indonesia bertambah menjadi 35 kasus.

Angka tersebut terdiri atas 29 kasus terkonfirmasi di Jakarta, 1 kasus konfirmasi di Banten, dan 5 kasus konfirmasi di Jawa Barat.

Gejala cacar monyet




Ilustrasi. Berikut ini sejumlah gejala cacar monyet. (iStockphoto/anilakkus)

Pada dasarnya, gejala awal cacar monyet mirip dengan gejala cacar lainnya. Perbedaan utama antara keduanya adalah cacar monyet yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala ini biasanya muncul dalam 7-14 hari setelah terinfeksi. Namun dalam beberapa kasus, gejala juga bisa muncul 5-21 hari setelah paparan.

Berikut beberapa tanda cacar monyet.

– demam
– sakit kepala
– nyeri otot
– pembengkakan kelenjar getah bening
– kelelahan
– ruam
– lesi

(pua/pua)


[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts