Joyce Penas, Kontestan Tertua di Miss Universe Filipina Quezon City

Joyce Penas menjadi viral belakangan karena dia bakal menjadi kontestan


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Saat ini, Miss Universe sudah menghilangkan syarat usia dan status untuk menjadi kontestannya. Hal ini membuat banyak perempuan akhirnya mencoba untuk mendaftar.

Organisasi Miss Universe pada September 2023 lalu mengumumkan penghapusan batasan usia di seluruh Miss Universe dan kontes terkait, yang akan berlaku tahun ini.

Saat itu, MUO hanya mengizinkan wanita berusia antara 18 dan 28 tahun untuk berkompetisi di kontes kecantikan. Ini adalah salah satu aturan baru yang diamanatkan oleh kontes internasional tersebut, seperti keikutsertaan transgender, perempuan yang bercerai, istri, dan ibu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun sebelum sampai di tahapan Miss Universe, para kontestan pun terlebih dahulu harus melewati tahap terpilih menjadi perwakilan negaranya.

Seorang kontestan dalam kontes Miss Universe Filipina-Quezon City (MUPH-QC) baru-baru ini menjadi viral karena usianya. Dia menantang ekspektasi dan mendefinisikan ulang standar kecantikan.

Jocelyn Cubales atau dikenal dengan Joyce Penas Pilarsky membuktikan bahwa usia hanyalah angka dengan bergabung dengan MUPH-QC di usia 69 tahun.

Namun jangan salah sangka, Joyce Penas bukanlah seorang pemula.

Veteran kontes

Desainer senior ini bukanlah seorang pemula dalam hal kontes kecantikan. Sebelumnya ia pernah mewakili Asia Selatan dan menjadi orang Filipina pertama yang berkompetisi di Mrs. Universe di 2017.

Dalam kontes tersebut, ia mengantongi penghargaan khusus “Mother of the Universe” atas advokasi dan kegiatan amalnya untuk anak-anak dan perempuan di Filipina.

Selain itu, beliau dinobatkan sebagai Mrs. Philippines Germany pada tahun 2000, dan Mrs. Asia International, Mrs. Asia International Global, dan Mrs. Ecotourism, semuanya pada tahun 2014.

Bergabung dengan MUPH-QC, menurutnya, merupakan sebuah kebahagiaan baginya. Dia mengungkapkan kegembiraannya ketika penyelenggara kontes setempat memberi tahu dia bahwa dia terpilih menjadi bagian dari daftar kandidat resmi.

Meskipun awalnya dia ragu-ragu, veteran kontes tersebut mengatakan bahwa apa pun, tidak akan menghentikannya untuk mewujudkan mimpinya, termasuk usianya.

Saya sangat gembira karena, di usia saya, saya tidak berharap terlalu banyak. Sekarang, saya sudah di sini sebagai salah satu kandidat, katanya kepada Philstar Life dalam sebuah wawancara .

“[Saya ingin] menginspirasi semua orang, terutama [di] kelompok usia saya, untuk didengarkan dan percaya pada diri mereka sendiri bahwa mereka dapat berbagi bakat dan keahlian mereka untuk dipelajari orang lain,” kata Jocelyn.

“Tidak ada yang mustahil. Kecantikan dan rahmat tidak terbatas pada usia tertentu, impian bisa menjadi kenyataan jika Anda percaya pada diri sendiri [selama] Anda memiliki semangat untuk mewujudkannya.”

Malam penobatan MUPH-QC akan digelar pada 5 Februari 2024 mendatang. Jika Cubales menang, ia akan menjadi wakil kota tersebut ke Miss Universe Filipina 2024.

(chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts