Jenis-jenis Ikan untuk MPASI, Baik untuk Bayi

Meski enak dan bergizi, salmon tergolong ikan yang mahal. Bagi Anda yang sedang mencari alternatif ikan lain sebagai pengganti salmon, berikut daftarnya.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Berbagai jenis ikan baik untuk makanan bayi. Pasalnya ada berbagai macam jenis ikan untuk MPASI.

Orang tua sering kali mulai memperkenalkan makanan padat kepada bayinya sekitar usia 4-6 bulan.

ASI atau susu formula merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi di bawah 1 tahun, dan makanan padat apa pun yang diberikan kepada bayi dianggap sebagai makanan pendamping.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bayi mendapatkan hampir semua nutrisi yang dibutuhkannya melalui ASI dan susu formula.

Namun, vitamin D dan zat besi adalah dua nutrisi yang mungkin tidak tercukupi oleh bayi yang diberi ASI, sehingga akan bermanfaat jika makanan yang mereka makan mengandung vitamin D dan zat besi.

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan perkembangan otak, dan zat besi adalah mineral penting yang penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk mengangkut oksigen

Formula diperkaya dengan nutrisi ini, tetapi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan suplemen zat besi dan vitamin D untuk bayi yang disusui.

Ikan adalah makanan bagus lainnya untuk MPASI bayi karena merupakan sumber zat besi.

Beberapa jenis ikan, seperti salmon, juga merupakan sumber vitamin D yang baik, yang tidak dimiliki ASI.

Selain itu, ikan merupakan sumber protein yang baik, nutrisi penting yang membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh, sehingga memungkinkan pertumbuhan yang sehat pada si kecil.

Ikan juga menawarkan jumlah seng dalam jumlah yang sehat, mineral lain yang memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh yang sehat dan pertumbuhan sel.

Beberapa jenis ikan mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak esensial yang memberikan beberapa manfaat kesehatan baik bagi bayi maupun orang dewasa.

Khususnya pada bayi, asam lemak omega-3 penting untuk kesehatan otak, mata, dan fungsi serta perkembangan sistem kekebalan tubuh

Vitamin B12 dan yodium adalah dua nutrisi lain yang ditemukan pada ikan yang bermanfaat untuk kesehatan perkembangan otak dan sel darah merah pada bayi .

Ikan untuk MPASI bayi

“Pada dasarnya semua jenis ikan itu bagus untuk bayi,” kata Ika Setyani, ahli gizi Mayapada Hospital Kuningan dan Humas ASDI Jakarta kepada CNNIndonesia.com.

“Beberapa ikan disebut tidak disarankan, tapi itu bukan karena ikannya tidak bagus, tapi karena pencemaran laut. Ini membuat ikannya tercemar merkuri di laut dalam.”

Ika menyebut beragam jenis ikan di pasar bisa digunakan sebagai MPASI, termasuk ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, sampai ikan teri. Diungkapkannya, ikan shisamo juga bagus untuk MPASI karena omega 3 yang tinggi.

“Ikan lele proteinnya tinggi walaupun harganya murah,” ucapnya.

“Ikan teri bagus juga karena kalsiumnya tinggi dibanding ikan lain.”

Hanya saja yang harus diperhatikan, kata dia, adalah cara penyajian ikan untuk MPASI-nya. Pasalnya beberapa jenis ikan memiliki banyak duri dan ada juga yang berpotensi membuat bayi tersedak. 

“Untuk MPASI biasanya ikan teri itu bisa dikukus. Kalau ikan mas bisa dikasih sesuai usia. Di atas 1 tahun boleh.ya kira-kira usia anak yg sudah bisa makan sendiri.”

“Sedangkan untuk lele bisa diolah macam-macam, bisa dikukus, dipepes, dan dibikin abon atau nugget.”

Berikut beberapa pilihan ikan lain yang aman untuk diberikan kepada bayi:

Ikan salmon
Ikan trout
Ikan bandeng
Ikan cod
Ikan halibut
Ikan kakap
Ikan tuna, sirip kuning
Ikan kerapu

Saat ini belum ada rekomendasi mengenai jumlah ikan yang akan disajikan kepada bayi. Namun, rekomendasi untuk anak usia 2-3 tahun adalah 1 ons (28 gram) ikan sekali atau dua kali seminggu. 

Itulah beberapa jenis ikan untuk MPASI yang baik untuk bayi.

(chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts