Jangan Merokok dan Turunkan BB

Tanggal 14 November setiap tahunnya dicanangkan sebagai Hari Diabetes Sedunia. Apa tema tahun ini?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Jangan sepelekan diabetes. Perlu diketahui bahwa diabetes bisa menimbulkan komplikasi. Ini cara mencegah komplikasi diabetes. Perawatan diabetes yang hati-hati dapat mengurangi risiko komplikasi serius – bahkan yang mengancam jiwa.

Berikut cara mencegah komplikasi diabetes:

1. Hindari rokok

Hindari merokok atau berhenti merokok jika Anda merokok. Merokok meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan risiko berbagai komplikasi diabetes misalnya Berkurangnya aliran darah di tungkai dan kaki, yang dapat menyebabkan infeksi, borok yang tidak sembuh-sembuh, dan kemungkinan amputasi, Kontrol gula darah yang lebih buruk, dan Penyakit jantung. 

2. Perhatikan kaki Anda

Gula darah tinggi dapat mengurangi aliran darah dan merusak saraf di kaki Anda. Jika tidak diobati, luka dan lecet dapat menyebabkan infeksi serius.Diabetes dapat menyebabkan rasa sakit, kesemutan atau kehilangan sensasi di kaki Anda.

3. Kelola stres

Jika Anda stres, mudah untuk mengabaikan rutinitas perawatan diabetes Anda yang biasa.Untuk mengelola stres Anda, tetapkan batasan.Prioritaskan tugas Anda.

Jangan sampai kelelahan dan harus tidur cukup. Dan yang terpenting, tetap positif.Perawatan diabetes ada dalam kendali Anda.Jika Anda bersedia melakukan bagian Anda, diabetes tidak akan menghalangi kehidupan yang aktif dan sehat.

4. Rawat gigi Anda

Cara mencegah komplikasi diabetes juga bisa dilakukan dengan merawat gigi. Diabetes dapat membuat Anda rentan terhadap infeksi gusi.Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, bersihkan gigi Anda sekali sehari dan jadwalkan pemeriksaan gigi setidaknya dua kali setahun.Hubungi dokter gigi Anda jika gusi Anda berdarah atau terlihat merah atau bengkak.

5. Jaga tekanan darah dan kolesterol tetap terkendali

Seperti diabetes, tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah Anda.Kolesterol tinggi juga menjadi perhatian, karena kerusakan yang diakibatkan seringkali lebih buruk dan lebih cepat bila Anda menderita diabetes.Ketika kondisi ini bergabung, mereka dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau kondisi yang mengancam jiwa lainnya.

Makan makanan yang sehat, rendah lemak dan rendah garam, menghindari alkohol berlebih, dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

6. Tidur cukup

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat meningkatkan nafsu makan dan mengidam makanan tinggi karbohidrat. Itu dapat menyebabkan penambahan berat badan, meningkatkan risiko komplikasi seperti penyakit jantung. Jadi tidurlah selama tujuh atau delapan jam setiap malam. Jika Anda menderita sleep apnea, mengobatinya dapat meningkatkan kualitas tidur dan menurunkan kadar gula darah.

7. Turunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan beberapa kilogram saja dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin. Ini akan membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan tekanan darah dan lemak darah.

Anda juga akan memiliki lebih banyak energi. Siap? Bertujuan untuk membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda makan. Untuk memulai cara mencegah komplikasi diabetes dengan menurunkan berat badan, cobalah mengurangi kelebihan lemak, gula, dan kalori dari diet Anda.

(chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts