Jangan Lakukan Larangan di Bulan Rajab Ini, Dosanya Besar

Malam lailatul qadar di bulan Ramadhan bisa diisi dengan melakukan sholat sunnah. Berikut niat sholat lailatul qadar, tata cara, dan waktu melaksanakannya.

Read More
Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Memasuki bulan Rajab, ada beberapa larangan di bulan rajab yang pantang dilakukan. Apa saja larangannya?

Bulan Rajab memang termasuk bulan yang mulia dan memiliki banyak keberkahan. Di bulan ini umat muslim disarankan mengamalkan berbagai amalan soleh untuk meraup banyak pahala dari Allah SWT.

Melansir berbagai sumber, keagungan bulan Rajab juga dibahas dalam Al-Qur’an, sebagaimana firman Allah SWT:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

اِنَّعِدَّةَالشُّهُوْرِعِنْدَاللّٰهِاثْنَاعَشَرَشَهْرًافِيْكِتٰبِاللّٰهِيَوْمَخَلَقَالسَّمٰوٰتِوَالْاَرْضَمِنْهَآاَرْبَعَةٌحُرُمٌۗذٰلِكَالدِّيْنُالْقَيِّمُەۙفَلَاتَظْلِمُوْافِيْهِنَّاَنْفُسَكُمْوَقَاتِلُواالْمُشْرِكِيْنَكَاۤفَّةًكَمَايُقَاتِلُوْنَكُمْكَاۤفَّةًۗوَاعْلَمُوْٓااَنَّاللّٰهَمَعَالْمُتَّقِيْنَ۝٣٦

Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.

Larangan di bulan Rajab

Sebagai salah satu bulan yang penuh dengan kemuliaan. Bulan Rajab penuh dengan pahala. Konon semua ibadah yang dilakukan pahalanya akan berlipat ganda.

Tapi, Anda juga dilarang melakukan beberapa hal. Pasalnya keburukan dari larangan ini juga bisa berlipat ganda. Berikut beberapa larangannya:

1. Tak boleh membunuh

Membunuh adalah dosa besar. Dosa yang didapat sangat besar. Jika Anda melakukan pembunuhan di bulan Rajab maka dosa yang diraih berlipat-lipat besarnya.

2. Tidak boleh berperang dan berburu

Bulan Rajab adalah bulan yang dihormati oleh semua kalangan. Makanya di bulan ini Anda tidak boleh berperang, bahkan memburu binatang juga dilarang.

3. Tidak boleh maksiat

Sebagaimana kita ketahui, bulan Rajab penuh dengan rahmat dan pahala. Maka, alih-alih berbuat maksiat, bahkan dzalim terhadap diri sendiri, lebih baik beribadah.

Jauhi maksiat di bulan Rajab dan perbanyak ibadah untuk mendulang banyak pahala.

Itulah beberapa larangan di bulan Rajab. Bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

(chs/chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts