Jangan Keliru, Ini Beda Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia

Meski memiliki tujuan yang sama, Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia tetap berbeda? Apa perbedaan dari keduanya?
Jakarta, CNN Indonesia

Hari Ayah Nasional dirayakan pada 12 November setiap tahunnya. Sementara Hari Ayah Sedunia biasanya dirayakan pada minggu ketiga di bulan Juni.

Read More

Lantas, apa beda Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia?

Hari ayah nasional dan hari ayah sedunia memang memiliki tujuan yang sama. Keduanya yakni sama-sama mengapresiasi peran dan hadirnya ayah dalam keluarga.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tapi, keduanya tetap berbeda. Mulai dari tanggal perayaan hingga latar belakang diadakannya hari ayah tersebut.

Beda hari ayah nasional dan hari ayah sedunia




Ilustrasi. Berikut ini perbedaan Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia. (iStock/rudi_suardi)

Hari ayah nasional dan hari ayah sedunia memang berbeda. Berikut penjelasan dan perbedaan kedua perayaan yang dikhususkan untuk para ayah ini:

1. Hari ayah nasional

Hari ayah nasional dimulai dari sebuah kompetisi surat-menyurat yang awalnya kompetisi itu digelar untuk para ibu. Kala itu, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) menggelar sayembara menulis surat untuk Ibu.

PPIP sendiri merupakan sebuah paguyuban satu hati lintas agama dan budaya di Solo, Jawa Tengah. Sayembara itu dilakukan pada 2014 lalu.

Kurang lebih 70 surat terkumpul. Semua surat akan dibukukan, namun satu peserta tiba-tiba bertanya soal peringatan hari ayah yang tak pernah dirayakan di Indonesia.

Kurang lebih dua tahun setelah kejadian tersebut, PPIP kemudian mendeklarasikan 12 November sebagai Hari Ayah Indonesia. Selain itu sejarah Hari Ayah Nasional juga terbentuk dari deklarasi Hari Ayah di tanggal yang sama oleh sejumlah kelompok di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

2. Hari ayah sedunia

Berbeda dengan Hari Ayah Nasional yang muncul karena sayembara menulis, Hari Ayah Sedunia muncul karena seorang anak yang ingin menciptakan hari spesial untuk ayahnya.

Adalah Sonora Smart Dodd, seorang anak yang mendengarkan pidato tentang Hari Ibu. Dia kemudian ingin melakukan sesuatu dan menciptakan hari khusus juga untuk ayahnya, William Jackson Smart.

Mulanya, Dodd ingin perayaan Hari Ayah pada 5 Juni, bertepatan dengan ulang tahun ayahnya. Dia bahkan mengajukan petisi agar hari tersebut diakui di kotanya. Namun, akhirnya Hari Ayah Sedunia dirayakan pada 19 Juni 1910.

Di hari pertama perayaan, sejumlah anak memberikan bunga mawar merah ke ayah mereka. Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas jasa dari para ayah untuk keluarga.

Hari Ayah Sedunia bahkan jadi hari yang cukup penting di beberapa negara. Bahkan Presiden Richard Nixon pada 1972 meresmikan hari ayah sebagai hari libur nasional.

Itulah beda hari ayah nasional dan hari ayah sedunia. Meskipun tujuannya sama, keduanya tetap berbeda.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts