Jangan Disepelekan, Ternyata Ini Manfaat Buang Air Besar di Pagi Hari

Bagi sebagian orang, pagi hari kerap dianggap menjadi waktu terbaik untuk BAB. Jika Anda merasa sulit BAB di pagi hari, mungkin ini penyebabnya.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Banyak orang yang belum menyadari pentingnya rutin buang air besar (BAB) secara rutin, terutama di pagi hari. Apa saja manfaat buang air besar di pagi hari?

Buang air besar merupakan proses alamiah untuk membuang kotoran sisa pencernaan dan metabolisme tubuh. Kotoran harus dikeluarkan agar tak menjadi racun dan merusak tubuh.

Buang air besar mencerminkan kesehatan organ pencernaan dan hampir semua sistem dalam tubuh.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ahli Gastroentrologi Sarina Pasricha menyatakan waktu terbaik buang air besar adalah pada pagi hari setelah bangun tidur.

“Faktanya usus besar berkontraksi dan meremas tiga kali lebih keras pada jam pertama kita bangun,” kata Pasricha kepada Fatherly.

Setelah bangun tidur, tubuh akan membuang setiap kotoran dari hari sebelumnya. Tubuh juga akan bersiap menerima dan memproses nutrisi baru dengan keadaan pencernaan yang lebih bersih.

Tubuh biasanya mulai melakukan rangsangan pada usus 30 menit setelah bangun tidur. Rutinitas pagi hari, seperti peregangan, minum air putih atau bahkan kopi bisa melancarkan pencernaan dan memicu buang air besar di pagi hari.

Melansir berbagai sumber, berikut ini manfaat buang air besar di pagi hari yang sebaiknya tidak Anda sepelekan.

Manfaat BAB di pagi hari

Peyton Berookim, seorang ahli gastroenterologist pada Gastroenterology Institute of Southern California, mengatakan bahwa secara teknis BAB bisa dilakukan kapan saja.

Namun, ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan saat buang air besar di pagi hari antara lain:

1. Mengurangi gas dan kembung

Melansir Well and Good, buang air besar lebih awal di pagi bisa mengurangi kemungkinan Anda BAB lagi di waktu berikutnya.

Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi gas dan kembung, sehingga membuat Anda siap menjalani hari yang lebih nyaman.

2. Mencegah sembelit




Ilustrasi. Manfaat buang air besar di pagi hari bisa membantu mencegah sembelit. (iStockphoto/Tharakorn)

Mengutip Healthshots, buang air besar yang konsisten dan tepat waktu, termasuk di pagi hari, bermanfaat membantu menjaga keseimbangan bakteri usus, yang berperan penting dalam pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Mikrobioma usus yang sehat dikaitkan dengan peningkatan penyerapan nutrisi, fungsi kekebalan tubuh, dan penurunan risiko penyakit tertentu.

Buang air besar yang tertunda atau jarang dapat menyebabkan sembelit, yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, kembung, dan bahkan komplikasi yang lebih serius. Memiliki pola buang air besar yang teratur membantu mencegah sembelit dan menjaga fungsi usus tetap normal.

3. Detoksifikasi tubuh

Saat kita tidur, tubuh masih aktif dalam proses detoksifikasi. Salah satu cara utama tubuh mengeluarkan racun adalah melalui proses pencernaan dan buang air besar.

Buang air besar setiap pagi membantu mengeluarkan racun-racun yang terakumulasi dalam tubuh. Ini membantu menjaga organ-organ penting seperti hati, ginjal, dan limpa tetap sehat.

Itulah sejumlah manfaat buang air besar di pagi hari. Lakukan rutinitas yang sehat, seperti cukup minum air utih, olahraga, penuhi asupan serat, dan manajemen stres yang baik agar BAB Anda lancar setiap harinya.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts