Jangan Asal, Ada 6 Kebiasaan Minum Kopi yang Sehat Wajib Dicoba

Buat sebagian orang, minum kopi di pagi hari seperti halnya ritual wajib. Coba simak beberapa kebiasaan minum kopi yang sehat di pagi hari berikut ini.
Jakarta, CNN Indonesia

Buat sebagian orang, minum kopi di pagi hari seperti halnya ritual wajib. Coba simak beberapa kebiasaan minum kopi yang sehat di pagi hari berikut ini.

Read More

Disebut dalam sekian banyak studi, kopi ditemukan mampu membawa aneka manfaat kesehatan. Namun, yang perlu Anda ingat, kopi memang memberikan manfaat jika dikonsumsi tanpa bahan tambahan.

“Selama hampir satu dekade, studi secara konsisten menunjukkan manfaat minum kopi, termasuk peningkatan kesehatan hati dan penurunan risiko terkait kondisi otak,” kata ahli diet Kristin Kirkpatrick, seperti dikutip dari Women’s Health Magazine.

Namun, agar lebih menyehatkan, Anda sebaiknya mengikuti beberapa kebiasaan ngopi di pagi hari berikut ini.

1. Awali dengan segelas air putih

Sebelum menyesap secangkir kopi, sebaiknya awali pagi dengan segelas air putih. Kebiasaan minum kopi yang sehat ini akan menjauhkan Anda dari dehidrasi.

Seperti dikutip dari Health, penelitian menunjukkan bahwa kafein bersifat diuretik (memicu kehilangan cairan). Hal ini membuat banyak orang yang memulai pagi langsung dengan segelas kopi mengalami kekurangan asupan cairan sepanjang hari.

2. Hindari pemanis buatan

Dengan iming-iming bebas kalori, Anda pasti tergoda menambahkan pemanis buatan pada kopi. Padahal, konsumsi pemanis buatan malah membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori.

Pemanis buatan akan memicu Anda untuk terus makan sehingga ada peningkatan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Kalau Anda sudah terbiasa minum kopi manis ditambah pemanis buatan, coba kurangi perlahan.

3. Tambahkan bubuk kayu manis


Ilustrasi. Menambahkan kayu manis, salah satu kebiasaan minum kopi yang sehat. (stevepb/Pixabay)

Kebiasaan menambahkan bubuk kayu manis pada kopi akan mendukung kesehatan jantung dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Seperti dikutip dari Greatist, sejumput kayu manis akan meningkatkan asupan antioksidan, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kayu manis pun menambah rasa dan aroma kopi jadi lebih nikmat.

4. Padu padan dengan makanan yang tepat

Kopi pagi cenderung bikin perut tidak nyaman, apalagi saat belum ada makanan yang masuk. Coba nikmati kopi bersama beberapa jenis makanan.

Sangat ideal melapisi perut dengan makanan untuk membantu mengimbangi keasaman kopi. Anda bisa mengonsumsi roti biji-bijian bersama dengan telur atau guacamole, oatmeal atau bubur.

5. Tambahkan susu

Susu mampu memberikan rasa manis pada kopi. Selain itu, susu membantu melapisi perut sehingga minum kopi tak akan jadi bencana.

Ahli diet dan penulis Bonnie Taub-Dix menyarankan untuk menggunakan susu almond. Dia pun membagikan resep sederhana.

Pertama, panaskan susu almond (unsweetened), lalu tambahkan kopi panas, dan sejumput bubuk kayu manis atau kakao.

6. Nikmati dalam keadaan panas

Ada beragam racikan kopi, termasuk di antaranya cold brew. Namun, untuk alasan lebih sehat, Anda disarankan meminum secangkir kopi panas.

Dalam kondisi panas, kandungan antioksidan dalam kopi dikeluarkan dalam jumlah yang banyak.

Untuk itu, menikmatinya secara panas harus Anda jadikan kebiasaan minum kopi yang sehat di pagi hari.

(els/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts