Jadwal Final Piala Afrika 2023: Nigeria vs Pantai Gading

Suara.com – Jadwal final Piala Afrika 2023 yang akan mempertemukan antara Nigeria melawan Pantai Gading. Duel keduanya akan dihelat di Olympic Stadium of Ebimpe pada Selasa (12/2/2024) pukul 03.00 WIB.

Read More

Nigeria melaju ke final secara dramatis menang adu penalti 4-2 melawan Afrika Selatan di Stade de la Plaix pada Kamis dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 sampai dua kali perpanjangan waktu.

Nigeria berhasil mencetak gol lebih dahulu melalui penalti Williams Troost-Ekong sebelum Teboho Mokoena menyamakan kedudukan pada menit ke-90.

Pada adu penalti, Stanley Nwabali dan Kalechi Iheanacho menjadi pahlawan yang meloloskan Nigeria ke babak final Piala Afrika 2023.

Nwabali berhasil mementahkan dua kali eksekusi dari pemain Afrika Selatan, sementara Iheanacho sukses jadi eksekutor terakhir Nigeria.

Sementara Pantai Gading menang tipis 1-0 atas Republik Demokratik (RD) Kongo di Olympic Stadium of Ebimpe pada Kamis (8/2/2024) dini hari WIB.

Satu-satunya gol dalam pertandingan terjadi pada menit ke-65 ketika tendangan voli Haller ke tanah memantul dan melewati kiper Leopards Lionel Mpasi.

Keberhasilan Pantai Gading lolos ke babak final membuat mereka berpeluang untuk meraih gelar Piala Afrika untuk ketiga kalinya. Mereka sebelumnya pernah juara Piala Afrika pada 1992 dan 2015.

Pantai Gading punya modal tambahan lantaran mereka berstatus sebagai tuan rumah Piala Afrika tahun ini.

Sedangkan Nigeria sudah lebih dulu lolos ke babak final Piala Afrika 2023 setelah menang atas Afrika Selatan lewat adu penalti. Kedua tim akan bersua di final pada Senin (12/2/2024).

Nigeria berpeluang untuk menuntaskan ambisi meraih trofi Piala Afrika ke-4 mereka, sementara Pantai Gading bertekad kembali juara setelah sembilan tahun silam.

Jadwal final Piala Asia 2023:

Nigeria vs Pantai Gading
Olympic Stadium of Ebimpe
Senin (12/2/2024) pukul 03.00 WIB

Sumber: www.suara.com

Related posts