Jadi Ucapan Tahun Baru Imlek, Apa Arti Istilah ‘Gong Xi Fa Cai’?

Jakarta, CNN Indonesia

Pada saat perayaan tahun baru China, kalimat ‘gong xi fa cai‘ menggema di mana-mana. Apa sebenarnya arti istilah ‘gong xi fa cai‘?

Read More

Tahun baru China kali ini jatuh pada Minggu (22/1). Tahun ini disebut sebagai tahun Kelinci Air. Meski disebut memiliki energi negatif, tapi tahun baru tetap perlu disambut dengan suka cita.

Tahun baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi umat Khong Hu Cu. Perayaan Imlek dimulai pada hari pertama di bulan pertama pada kalender China, lalu berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15.

Ucapan ‘gong xi fa cai‘ merupakan kalimat yang paling umum disampaikan saat menyambut tahun baru China.

Arti istilah ‘gong xi fa cai’

Pada dasarnya, ucapan ‘gong xi fa cai‘ sendiri bukan berarti ‘selamat tahun baru’, sebagaimana yang umumnya dilontarkan banyak orang saat momen pergantian tahun.

Alih-alih demikian, arti istilah ‘gong xi fa cai‘ secara harfiah adalah ‘selamat mendapatkan lebih banyak kesejahteraan dan kemakmuran’. Ucapan ini sejenis doa yang disampaikan agar kemakmuran berlimpah di tahun yang baru ini.

Selain gong xi fa cai, ada ucapan tahun baru China lainnya dalam bahasa Mandarin. Menukil laman NC State University, ucapan itu adalah ‘xin nian hao‘ yang berarti ‘new year goodness‘.

Dalam bentuk yang lebih formal, ucapan tahun baru juga bisa disampaikan dengan kalian ‘xin nian kuai le‘ yang berarti ‘selamat tahun baru’.

Sejarah ‘gong xi fa cai’


Ilustrasi. Arti istilah ‘gong xi fa cai’ sebenarnya bukan ‘selamat tahun baru’. (ANTARA FOTORafiuddin Abdul Rahman)

Sejarah ucapan ‘gong xi fa cai‘ berawal dari kata ‘gong xi‘ yang berarti ‘selamat’. Mengutip berbagai sumber, hal ini berawal dari penduduk China yang berhasil selamat setelah menghindari monster yang kejam.

Kala itu, penduduk China berhasil menangkal hewan buas bernama Nian yang mengejar masyarakat, utamanya anak-anak. Namun, dengan segala usaha, mereka berhasil mengusir Nian.

Sementara kata ‘fa cai‘ berawal dari sebuah kesejahteraan yang berkembang mengikuti zaman.

Dalam perkembangannya, seiring membaiknya harapan akan kesejahteraan, kata ‘gong xi‘ kemudian diikuti dengan menambahkan kata ‘fa cai‘.

Itulah penjelasan seputar arti istilah ‘gong xi fa cai‘, ucapan yang biasanya disampaikan saat menyambut tahun baru China.

(del/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts