Jadi Sambal Khas Nusantara, Apa Itu Tempoyak Durian?

Olahan durian bukan cuma bisa dibuat dodol, mochi, atau es duren saja. Durian juga bisa diolah menjadi sambal tempoyak. Lantas, apa itu tempoyak durian?


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Olahan durian bukan cuma bisa dibuat dodol, mochi, atau es duren saja. Durian juga bisa diolah menjadi sambal tempoyak. Lantas, apa itu tempoyak durian?

Tempoyak durian adalah salah satu sambal khas Indonesia yang bahan utamanya berupa daging buah durian. Sambal tempoyak juga banyak dikenal di daerah Palembang, Lampung, hingga Jambi.

Melansir laman UGM, tempoyak merupakan olahan sambal fermentasi. Proses pembuatannya yakni diawali dengan daging buah durian yang dierami dengan sedikit oksigen, yakni dengan menyimpan daging buah tersebut dalam wadah tertutup.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Daging buah durian ini juga diberi tambahan garam untuk membantu proses fermentasi. Perlu diketahui bahwa sedikit atau banyaknya jumlah garam yang digunakan memengaruhi jenis tempoyak, yakni tempoyak asin atau tempoyak asam.

Biasanya proses fermentasi ini berlangsung kurang lebih tujuh hari, tergantung pada banyak atau sedikitnya durian yang akan dijadikan tempoyak. Setelah proses fermentasi selesai, tempoyak durian pun bisa dibilang selesai.

Kandungan nutrisi tempoyak

Setelah mengetahui apa itu tempoyak, penting juga untuk mengetahui kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya. Tempoyak durian tidak terbatas pada sambal saja.

Tempoyak durian ini bisa digunakan untuk berbagai olahan makanan khas Melayu. Bentuknya yang mirip pasta ini bisa ditambahkan sebagai pelengkap bumbu masakan.

Dari segi gizi, tempoyak ini memiliki nutrisi yang bagus untuk orang yang mengonsumsinya. Mulai dari karbohidrat, protein lemak, vitamin C, dan zat besi yang bagus untuk tubuh.

Selain itu, tempoyak durian juga bagus untuk sistem pencernaan. Pasalnya proses fermentasi yang melibatkan bakteri asam laktat, yang bisa meningkatkan asam amino esensial.

Itulah penjelasan apa itu tempoyak, makanan khas yang terbuat dari daging buah durian dan bisa dikonsumsi sebagai lauk nasi.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts