Ini yang Harus Diperhatikan Jika Ibu Hamil Ingin Makan Durian

Cara menghilangkan bau durian di mulut dan tangan cukup mudah. Ikuti cara-cara berikut dan jejak durian pun akan lenyap setelah bersantap.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Seiring datangnya musim buah durian akhir-akhir ini, banyak yang masih bertanya-tanya apakah ibu hamil boleh makan durian? Berikut penjelasan dokter tentang hal-hal yang harus diperhatikan jika bumil ingin makan durian.

Durian adalah salah satu buah yang jadi primadona banyak orang. Selain rasa yang manis, daging buah durian juga legit dan enak.

Tapi, durian yang sering disebut sebagai raja buah ini ternyata mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi. Hal ini jugalah yang membuat durian jadi salah satu buah yang tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jakarta Selatan, Muhammad Fadli mengatakan durian adalah buah yang mengandung gula dan lemak yang sangat tinggi. Ibu hamil tentunya tidak membutuhkan dua zat ini dalam jumlah yang banyak.

“Bumil enggak butuh lemak dan gula yang banyak. Ada makanan lain yang lebih bagus yang bisa dimakan ibu hamil,” kata Muhammad Fadli saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (30/1).

Tapi bukan berarti ibu hamil sama sekali tidak boleh makan durian. Jika memang mereka ngidam, Fadli masih boleh-boleh saja.

“Bukan dilarang ya, boleh saja. Tapi dianjurkan makan makanan lain yang lebih banyak protein untuk bayi yang ada di dalam kandungan,” kata dia.

Selain gula dan lemak yang tinggi yang tidak dibutuhkan ibu hamil, durian sebenarnya mengandung zat dan nutrisi lain. Misalnya vitamin C, vitamin B, mineral seperti iron, magnesium, potassium, zinc, hingga kalsium.

Selain itu, durian juga mengandung asam folat yang bagus untuk perkembangan janin, otak dan tulang belakang bayi yang masih ada di kandungan.

Oleh karena itu kata Fadli, jika ditanya apa boleh ibu hamil makan durian, jawabannya boleh asal porsinya benar-benar diperhatikan.

“Jangan terlalu banyak, nanti perutnya malah tidak nyaman,” kata dia.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts