Ini Alasan Kamu Selalu Ngantuk Setelah Makan

Jam makan siang sudah usai, kini saatnya kembali bekerja. Tapi kok tiba-tiba ngantuk ya? Apa sebabnya?


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

JamĀ makan siang sudah usai, kini saatnya kembali bekerja. Tapi kok tiba-tiba ngantuk ya?

Pernahkah kamu berpikir, kenapa setelah makan kenyang, orang pasti cenderung mengantuk?

Jawabannya ada pada makanan yang Anda santap. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan gula kemungkinan besar menjadi penyebabnya. Karbohidrat dan gula dari makanan diubah menjadi melatonin dan serotonin, bisa menyebabkan food coma.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam istilah medis, food coma dan mengantuk dikenal dengan nama postprandial somnolence. Manusia merasa mengantuk karena darah dialihkan dari otak ke usus untuk memproses semua makanan tambahan tersebut.

“Semakin besar porsi makan, semakin banyak darah yang masuk ke usus untuk membantu pencernaan. Lebih sedikit darah di otak, sehingga Anda merasa lebih mengantuk,” kata Rich Joseph, dokter di Brigham and Women’s Hospital di Boston.

Karbohidrat adalah penyebab ngantuk setelah makan

“Makanan dengan indeks glikemik yang lebih tinggi cenderung menyebabkan lebih banyak lonjakan dan penurunan gula darah,” kata Joseph.

Penurunan gula darah mungkin terasa seperti penurunan di sore hari ketika Anda tidak bisa fokus pada pekerjaan, atau bisa membuat Anda mudah tersinggung dan lelah.

“Karbohidrat sederhana mempermudah triptofan melewati sawar darah-otak, jadi kombinasiĀ protein dan karbohidrat mungkin menyebabkan kantuk,” kata Erica Jansen, ahli epidemiologi nutrisi di Universitas Michigan dikutip dari Huffington Post.

Mengutip Medical News Today, makanan yang mengandung protein juga bisa menyebabkan orang mengantuk.

Peneliti percaya bahwa kandungan serotonin juga menyebabkan orang jadi lelah dan mengantuk. Serotonin merupakan bahan kimia yang berperan dalam mengatur suasana hati dan siklus tidur.

Asam amino yang disebut triptofan, yang terdapat pada banyak makanan kaya protein, membantu tubuh memproduksi serotonin. Karbohidrat membantu tubuh menyerap triptofan.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya protein dan karbohidrat dapat membuat seseorang merasa mengantuk.

Triptofan terdapat pada makanan yang kaya protein. Beberapa di antaranya adalah kan salmon, unggas, telur, bayam, susu, produk kedelai, keju

Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat tingkat tinggi antara lain: Spageti, nasi, roti putih dan kerupuk, kue, kue kering, donat, dan muffin, susu, gula dan permen.

(chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts