Hujan Terus, Ini 5 Cara Mengeringkan Baju Tanpa Sinar Matahari

Jamuran yang tak kunjung kering bikin baju mengeluarkan bau tak sedap. Berikut beberapa cara mencegah bau apek pada baju yang belum kering.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Di tengah hujan yang terus mengguyur hampir sepanjang hari, banyak warga mengeluh jemuran yang tak kunjung kering. Bagaimana cara mengeringkan baju tanpa matahari?

Dalam beberapa hari ke belakang, hujan terus mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia. Tak main-main, hujan bahkan bisa datang hampir sepanjang hari.

Akibatnya, cahaya matahari pun tak bersinar dengan cerah. Baju-baju yang dijemur pun tak kunjung kering.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebenarnya, selain cahaya matahari, mengeringkan pakaian juga bisa dilakukan dengan dryer. Namun, tak semua orang memiliki dryer sebagai perkakas rumah tangganya.

Cara mengeringkan baju tanpa sinar matahari

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengeringkan baju tanpa matahari yang bisa Anda ikuti. Berikut di antaranya, merangkum berbagai sumber.

1. Pakai kipas angin

Kipas angin bisa membantu mengeringkan pakaian di dalam ruangan.

Mengutip The Guardian, letakkan kipas angin di dekat AC (jika ada) dan biarkan jendela terbuka. Kipas angin akan mengalirkan udara sehingga membantu mengeringkan pakaian lebih cepat dan mencegah jamur.

2. Bungkus dengan handuk

Meski terdengar aneh, tapi cara ini efektif membantu proses pengeringan pakaian di dalam ruang.

Bungkus pakaian dengan handuk kering. Cara ini akan membantu menghilangkan kelebihan air dan memangkas waktu pengeringan.

Lipat handuk memanjang dan letakkan pakaian di atasnya. Lalu, gulung handuk hingga membentuk seperti sosis hingga air keluar.

Lepas gulungan beberapa saat dan jemur pakaian di dalam ruang. Anda disarankan menjemur pakaian di area dekat jendela agar mendapatkan aliran udara.

3. Pakai hairdryer




Ilustrasi. Cara mengeringkan baju tanpa dijemur adalah dengan hair dryer. (Istockphoto/Andregric)

Mengutip Women and Home, mengeringkan pakaian dengan hair dryer bisa jadi alternatif di musim hujan seperti sekarang.

Namun, cara ini bekerja maksimal pada pakaian tipis atau yang berukuran kecil. Misalnya saja pakaian dalam dan kaus kaki.

Hanya saja, pastikan beri jarak antara hair dryer dengan pakaian untuk menghindari kain terlalu panas.

Selain itu, berhati-hati agar tidak menghalangi aliran udara ke bagian belakang hair dryer. Pasalnya, hal ini dapat membuat hair dryer memanas dan rusak.

4. Jemur di langit-langit ruang dapur

Anda juga bisa mencoba menjemur pakaian di langit-langit, utamanya di area dapur.

Dengan cara ini, Anda memanfaatkan panas yang ada di area dapur. Misalnya saja panas dari oven, rice cooker, dan kulkas.

5. Pakai setrika

Cara mengeringkan baju tanpa matahari yang terakhir adalah dengan langsung menggunakan setrika. Namun, sebaiknya cara ini dijadikan opsi terakhir.

Siapkan papan atau meja setrika dan taruh baju yang basah di atasnya. Lapisi baju basah dengan handuk kering dan tekan-tekan menggunakan setrika.

Panas setrika akan mengeringkan pakaian dengan lembut. Sementara handuk akan menyerap kelembapan berlebih dari serat kain dan mencegah kerusakan akibat panas.

Hanya saja, cara ini tak bisa dijadikan solusi jangka panjang. Lakukan cara ini setidaknya hanya untuk satu atau dua potong pakaian yang basah.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts