Heboh! Air Laut di Selayar Berubah Jadi Warna Hijau, Warga Diimbau Setop Makan Ikan

Air Laut di Selayar, Sulawesi Selatan, Berubah Jadi Warna Hijau

VIVA Trending – Warga di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dihebohkan dengan air laut yang tiba-tiba berubah menjadi warna hijau dan berbau menyengat. Kondisi itupun membuat ikan-ikan mati. Sehingga warga menduga fenomena tersebut menjadi tanda datangnya bencana.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Selayar merespons cepat fenomena itu dan langsung memberikan imbauan kepada warganya agat menyetop sementara mengkonsumsi ikan dari laut.

Air Laut di Selayar Berubah Jadi Warna Hijau

Air Laut di Selayar Berubah Jadi Warna Hijau

Photo :

  • Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

“Sebagai bentuk antisipasi, kami imbau kepada masyarakat untuk jangan dikonsumsi dulu ikan sebelum ada kepastian dari uji laboratorium yang menyatakan aman dan tidak berbahaya,” kata Wakil Bupati Selayar Saiful Arif dalam keterangan tertulisnya, Kamis 19 Januari 2023.

Saiful menuturkan bahwa saat ini langkah yang diambil Pemkab Selayar melalui dinas terkait telah mengambil sampel air laut maupun ikan yang terjadi di Desa Parak, Kecamatan Bontomanai itu. Dia pun berharap agar warga tetap tenang dan setop mengkomsumsi ikan laut.

“Saat ini dinas terkait telah mengambil sampel untuk diuji di laboratorium. Sehingga kami berharap kepada warga jangan dulu langsung dikonsumsi, karena bisa saja ini adalah racun yang konsumsi ikan sehingga mati. Atau bisa saja kadar air yang sudah tidak nyaman bagi ikan lalu mati, nah itu yang belum bisa kita pastikan, kita tunggu hasil uji lab,” katanya.

Halaman Selanjutnya

Sekedar diketahui, bahwa penampakan air laut di kepulauan Selayar saat ini tampak menghijau dan mengeluarkan bau busuk sejak Selasa 17 Januari 2023 lalu. Warga setempat pun menunjukkan ikan-ikan yang berenang ke tepi pantai yang diduga karena mabuk mencium aroma busuk air dari laut tersebut. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id

Related posts