Ganjar Siap Hadapi Debat Ketiga Pilpres 2024?

Suara.com – Debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2023 akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku sudah siap untuk menghadapi debat.

Read More

“Sudah siap insyaallah,” kata Ganjar saat memberikan keterangan kepada media di kawasan Cakung, Jakarta, Sabtu (6/1/2024).

Kesiapan Ganjar ditunjukannya dengan meminta masyarakat untuk tidak melewatkan siaran langsung debat antarcapres yang digelar pada pukul 19.00 WIB.

“Tunggu pada perdebatan besok,” ucapnya.

Sementara itu, terpisah, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud sekaligus mantan Panglima TNI Jenderal TNI Purn. Andika Perkasa, meyakini Ganjar mampu menjalani debat Pilpres 2024.

Keyakinan Andika itu berdasarkan pengalaman Ganjar.

“Mas Ganjar adalah seorang nasionalis sejati yang punya visi yang jelas dan pengalaman tata kelola yang baik sebagai anggota DPR dan Gubernur Jawa Tengah dua periode. Saya yakin Mas Ganjar bisa mendukung TNI dan Polri melalui modernisasi sembari tetap mengedepankan kesehatan keuangan negara dan kesejahteraan aparat,” kata Andika dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Setidaknya, Andika melihat ada tiga hal yang membuat dirinya yakin Ganjar mampu memimpin Indonesia dalam bidang pertahanan dan keamanan.

“Ada tiga hal yang membuat saya yakin Mas Ganjar bisa jadi panglima tertinggi yang lebih baik. Pertama, modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) yang adaptif dengan teknologi 5.0. Kedua, pembentukan angkatan siber TNI, dan yang ketiga membangun industri pertahanan dan keamanan kelas dunia secara selektif di dalam negeri,” jelasnya.

Debat Capres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan kembali menggelar debat calon presiden-calon wakil presiden peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Minggu, 7 Januari 2024.

Di mana, debat kedua bagi tiga calon presiden bakal digelar di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.

Adapun, debat bagi tiga capres ini bertemakan ‘Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik’.

Durasi debat juga tetap sama, yakni 150 menit yang dibagi menjadi 120 menit on air dan 30 menit jeda iklan. Debat juga tetap bakal memiliki enam segmen seperti pada dua debat sebelumnya.

KPU RI juga telah menetapkan 11 nama panelis dalam debat bagi ketiga peserta Pilpres 2024.

Adapun berikut deretan 11 nama panelis debat ketiga yang sudah ditunjuk secara resmi oleh KPU RI:

1.Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia (UKI) Angel Damayanti.

2. Dosen Hubungan Internasional dan Ahli Kajian Industri Pertahanan dan Alih Teknologi Universitas Binus Curie Maharani Savitri.

3. Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia Evi Fitriani.

4. Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Hikmahanto Juwana.

5. Ahli Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada (UGM) I Made Andi Arsana.

6. Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina, lan Montratama.

7. Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Irine Hiraswari Gayatri.

8. Pakar Keamanan Universitas Pertahanan (Unhan) Kusnanto Anggoro.

9.Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan (Unhan) Marsetio.

10. Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia (UII) dan Senior Fellow CSIS Philips J Vermonte.

11. Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran (Unpad) Widya Setiabudi Sumadinata.

Sumber: www.suara.com

Related posts