El Chapo Kena Mental Tak Lihat Matahari, Ini Pentingnya Sinar Matahari

Raja narkoba Meksiko El Chapo mengaku tak tahan dengan hukuman bui tanpa bisa melihat sinar matahari. Dia mengaku kena mental, kok bisa?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Raja narkoba Meksiko Joaquin Guzman alias El Chapo mengaku tak tahan dengan hukuman bui tanpa bisa melihat sinar matahari. Dia mengaku kena mental.

Rupanya kekurangan paparan sinar matahari memang bisa mengganggu kesehatan mental.

Jose Refugio Rodriguez, kuasa hukum El Chapo berkata kliennya mengalami siksaan mental. Selama enam tahun dipenjara, sang klien tidak pernah melihat matahari. Hal ini ditambah kunjungan dan telepon untuknya lebih sedikit daripada narapidana lain.

“Dia menderita siksaan psikologis,” ujar Rodriguez seperti dilaporkan AFP, Selasa (17/1).

Sinar matahari tak hanya penting untuk kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental individu.

Sinar matahari memicu pelepasan hormon di otak. Paparan sinar matahari mampu meningkatkan pelepasan hormon serotonin. Seperti dilansir dari Healthline, serotonin dikaitkan dengan suasana hati dan membantu orang merasa tenang serta fokus.

Selain serotonin, sinar matahari juga mendukung tubuh memproduksi vitamin D. Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan mental termasuk skizofrenia dan depresi.

Kekurangan serotonin dan vitamin D akan memicu masalah kesehatan mental antara lain, SAD (seasonal affective disorder), depresi dan skizofrenia.

1. SAD

Tanpa paparan sinar matahari yang cukup, kadar serotonin akan turun. Tingkat serotonin rendah berkaitan dengan risiko depresi berat yang lebih tinggi. Di negara empat musim, orang lebih rentan mengalami SAD atau seasonal affective disorder saat musim dingin.

Orang dengan SAD akan mengalami gejala depresi seperti, sulit konsentrasi, kelelahan, kehilangan minat dalam aktivitas sehari-hari, murung dan tidur berlebihan.

2. Depresi

Sejumlah riset menemukan kadar vitamin D lebih rendah pada orang dengan depresi. Suplementasi vitamin D baik dari makanan, suplemen atau sinar matahari mampu mengurangi tingkat depresi dan memperbaiki gejala.

Seperti dilansir dari Very Well Health, tinjauan pada 2020 menemukan individu dengan kadar vitamin D rendah sangat berisiko mengalami depresi.

3. Skizofrenia

Skizofrenia membuat penderitanya kehilangan kontak dengan realita sehingga bisa muncul gejala psikotik seperti halusinasi dan delusi.

Peneliti menemukan mereka yang hidup dengan skizofrenia tidak cukup vitamin D dan cenderung hidup dengan paparan sinar matahari minim.

(els/chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts