Dunia Jungkir Balik di Viktor & Rolf

Apa jadinya jika situasi dunia yang

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Apa jadinya jika situasi dunia yang “jungkir balik” diterjemahkan ke dalam sebuah koleksi haute¬†couture?

ViktorHorsting dan Rolf Snoeren melalui label Viktor&Rolf mungkin memiliki jawabannya.

Deretan gaun megah berbahan tulle yang dibalik, miring, menyilang, dan dipotong hingga terlihat seperti terlepas dari tubuh.

Viktor dan Rolf menerjemahkan keadaan dunia yang kacau balau, terbalik, namun tetap berdampingan menjadi koleksi haute couture yang fantastis, berani, jenaka, dan kompleks.

Ini mengingatkan pada credit-crunch-couture koleksi ready-to-wear musim semi 2009 mereka, yang tercatat dalam buku sejarah dan dipelajari di sekolah mode dan dipamerkan di museum, dianggap sebagai salah satu koleksi terpenting dalam sejarah fesyen.

Kini mereka membuat publik berpikir, apa arti couture di alam pikiran manusia? Anda mungkin menganggap couture hanya gaun pesta yang cantik dan setelan mahal yang dibuat sesuai ukuran dengan kain yang penuh dengan ribuan payet dan sulaman tangan.

Atau mungkin tampilan runway yang tidak memerlukan perubahan dan bisa dibuat sesuai pesanan (dengan setidaknya 3 kali fitting dan dengan harga mencapai ratusan juta rupiah).

Namun di luar itu, ada couture konseptual, couture cerdas, couture disruptor. Koleksi ini adalah salah satunya.

Koleksi ini mungkin membuat Anda tertawa, membuat Anda berpikir, dan yang terpenting, koleksi ini mencoba memperkaya dan memperluas pikiran publik tentang apa yang secara teknis bisa dibuat dari kain, baik dalam citra visual maupun kontemplasi intelektual.

Apalagi, mereka membuat gaun-gaun ini dengan tulle, salah satu kain paling halus yang ada, untuk menggambarkan kekacauan di dunia.

Viktor & Rolf adalah rumah mode couture asal Belanda yang terkenal dengan penggunaan tulle dalam koleksinya. Desain mereka sering menampilkan lapisan tulle yang tebal, menciptakan estetika yang indah dan megah.

Tulle adalah bahan yang menyerupai jaring ringan dan halus yang sering digunakan dalam pakaian formal dan pakaian pengantin karena penampilannya yang halus dan romantis, sangat sulit untuk dibuat, terlebih lagi dalam skala ini.

Mungkin tidak semua tampilan bisa menemukan raison d’√™trese lain di halaman majalah mode. Namun satu hal yang pasti, koleksi yang menakjubkan baik dari segi konsep maupun eksekusi ini akan dikenang, dirujuk, dibuat meme, dan dipelajari kembali di masa mendatang.

(chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts