Dulu Berprestasi Dipuji Jokowi, Kini Terseret Badai PHK

Suara.com – Perusahaan startup bidang pendidikan Ruangguru kini mengalami perubahan nasib yang drastis bak berputar 180 derajat. Pasalnya, Ruangguru dahulu sempat disanjung-sanjung sebagai perusahaan rintisan berprestasi, namun kini diterpa oleh badai PHK karyawan yang mengancam sederet startup kondang dalam negeri.

Kilas balik prestasi Ruangguru: Jadi perusahaan terbaik hingga panen pujian Presiden Jokowi

Kehadiran Ruangguru di tengah masyarakat kerap diwarnai dengan kebanggaan. Sebab perusahaan yang dirintis oleh Iman Usman dan Adamas Belva Devara itu tak jarang menorehkan prestasi besar.

Ruangguru sempat dinobatkan menjadi salah satu perusahaan terbaik versi LinkedIn. Adapun melalui daftar LinkedIn Top Startup 2021, Ruangguru berhasil memperoleh tempat di 15 Indonesia companies on the rise.

Daftar tersebut memaparkan 15 perusahaan muda yang menjadi tempat bekerja unggulan di Indonesia.

Mengutip LinkedIn, 15 perusahaan tersebut dinilai dari beberapa kriteria, yakni pertumbuhan karyawan, tingkat ketertarikan pencari kerja, tingkat keterlibatan perusahaan dan karyawannya, serta seberapa baik perusahaan menarik para calon pekerja dari daftar perusahaan teratas yang ada di Indonesia.

Belva Devara selaku salah satu pendiri dan Direktur Utama Ruangguru mengaku melalui prestasi tersebut, Ruangguru berhasil memiliki lebih dari 5.000 ribu karyawan yang berada di Indonesia, Vietnam dan Thailand.

Prestasi tersebut juga diperoleh dalam waktu yang cukup singkat yakni 7 tahun, sebuah pencapaian yang tak main-main bagi perusahaan muda di tengah persaingan.

Sederet prestasi yang ditorehkan Ruangguru juga menarik atensi Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Jokowi menyebutkan Ruangguru berhasil menjadi jembatan perantara bagi murid dan guru untuk mempermudah mendalami materi yang banyak secara ringkas dan padat.

Mengutip laman Kominfo, Ruangguru termasuk di antara 16 startup pilihan Koran Tempo dan telah menjalin kemitraan bersama 26 provinsi dan 300 kabupaten/kota.

Ruangguru juga berhasil menggaet investor-investor besar. Berdasarkan data dari Crunchbase, Ruangguru kini berhasil mengumpulkan investor yang mendanai sekira US$55 juta (Rp 797 miliar) dengan total nilai diperkirakan US$205,1 juta.

Terancam resesi hingga badai PHK, prestasi Ruangguru tinggal sejarah?

Nasib Ruangguru kini berbanding terbalik. Nahas, Ruangguru menjadi salah satu startup yang terseret badai PHK. Sebab, Ruangguru melakukan PHK massal kepada ratusan pegawai, terhitung sejak hari ini, Jumat (18/11/2022).

Ruangguru tak mampu membendung perubahan ekonomi global yakni resesi meski di tengah prestasi yang mereka torehkan, sehingga harus mengambil keputusan drastis itu.

“Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara dratis,” tulis tim Corporate Communication Ruangguru.

Kendati demikian, pihak Ruangguru tetap memastikan karyawan yang terdampak PHK akan mendapatkan hak-hak mereka sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kontributor : Armand Ilham



Sumber: www.suara.com

Related posts