Disebut Pemain Titipan di Timnas Indonesia, Ini Statistik Dendy Sulistiawan

Suara.com – Penyerang Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, baru-baru ini menjadi sorotan karena dituding sebagai ‘pemain titipan’ di skuad Garuda.

Read More

Meskipun dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk persiapan Piala Asia 2023 dan turut serta dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Turki, nama Dendy Sulistyawan mendadak jadi bahan perbincangan di kalangan pencinta sepak bola Indonesia.

Dendy dihujani kritik habis-habisan karena performanya yang jauh dari kata memuaskan di BRI Liga 1 musim 2023/2024, namun tetap masuk skuad Timnas Indonesia.

Meskipun sering dipanggil ke skuad Garuda, banyak yang menuding penyerang Bhayangkara FC hanya ‘pemain titipan’, dengan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji juga merupakan COO Bhayangkara FC.

Kritik semakin kuat karena statistik buruknya dibandingkan dengan Stefano Lilipaly, penyerang Borneo FC yang gacor bersama Borneo FC di Liga 1 musim ini.

Shin Tae-yong mengacuhkan Lilipaly, sementara Dendy tetap dipanggil ke Timnas Indonesia.

Statistik di Liga 1

Dari 22 pertandingan yang ia lakoni di BRI Liga 1 musim ini, total 1.759 menit, Dendy Sulistyawan hanya mencetak 1 gol dan 3 assist.

Meskipun dianggap penting di lini depan Bhayangkara FC, kontribusinya jelas tidak signifikan, memicu perbandingan dengan penyerang lain.

Secara keseluruhan, penampilan penyerang 27 tahun itu di Liga 1 musim ini kurang mencolok dan kontribusinya untuk tim sangat minim.

Statistik Bersama Timnas Indonesia

Dilahirkan di Lamongan pada 12 Oktober 1996, Dendy Sulistyawan merupakan salah satu pemain ‘favorit’ Shin Tae-yong di Timnas Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Ia jarang absen dari panggilan Timnas Indonesia dan meskipun terkadang tidak mendapatkan banyak menit bermain karena Shin lebih memilih Dimas Drajad sebagai penyerang tengah, Dendy tetap mendapat kepercayaan dari pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Meskipun belum mencatat gol atau assist dalam tiga laga internasional terakhir bersama Timnas Indonesia, Shin tetap memberinya kesempatan untuk membuktikan diri.

Terakhir, Dendy berhasil mencetak gol untuk Timnas Indonesia saat melawan Turkmenistan pada FIFA Matchday, 8 September 2023 lalu, membantu skuad Garuda menang 2-0 di kandang.

Total, Dendy Sulistyawan telah mengoleksi 16 caps bersama Timnas Indonesia dengan torehan 5 gol.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Sumber: www.suara.com

Related posts