Diet Intermittent Fasting ala Ade Rai, Bantu Usir Lemak

Diet intermittent fasting Ade Rai kini jadi perbincangan. Sebenarnya, apa itu diet puasa?

Jakarta, CNN Indonesia

Binaragawan Ade Rai kerap berbagi tips pola makan dan olahraga. Diet intermittent fasting Ade Rai pun kini jadi perbincangan.

Read More

Intermittent fasting adalah pola diet yang menggunakan metode puasa. Anda perlu melakukan puasa dan makan pada waktu yang telah ditentukan.

Ade pun memberikan opsi berupa time restricted feeding atau jam disiplin makan. Artinya, aktivitas makan hanya diperbolehkan dilakukan pada jam-jam berikut:

– 8.00 – 16.00 WIB,
– 10.00 – 18.00 WIB,
– 13.00 – 20.00 WIB.

Artinya, jika Anda sarapan pada pukul 8.00 WIB pagi, maka aktivitas makan terakhir harus dilakukan pada pukul 16.00 WIB sore. Selebihnya, Anda diminta untuk berpuasa.

“Berarti [dari] jam 8 pagi [sarapan] sampai jam 4 sore berarti terakhir makannya,” ujar Ade dalam sebuah video di kanal YouTube-nya. Hal yang sama juga berlaku pada opsi jam disiplin makan lainnya.

Apa itu diet intermittent fasting?

Diet intermittent fasting seperti yang dijalankan Ade Rai merupakan salah satu metode diet yang cukup populer.

Pada dasarnya, diet ini merupakan bentuk puasa dengan batasan-batasan waktu yang telah ditetapkan secara ketat.

Biasanya, Anda akan disarankan menjalani puasa selama 16 jam dan melakukan aktivitas makan selama 8 jam. Karena itu pula, diet ini dikenal juga dengan istilah diet 16:8.

Mengutip Medical News Today, beberapa ahli menyarankan untuk menyelesaikan waktu makan di sore hari. Pasalnya, metabolisme akan melambat setelah sore hari.

Artinya, Anda bisa menetapkan waktu makan pada pagi hingga sore hari selama delapan jam. Sementara waktu selebihnya bisa digunakan untuk berpuasa.


Ilustrasi. Diet intermittent fasting yang dijalani Ade Rai tengah jadi perbincangan.(iStockphoto/everydayplus)

Namun, bukan berarti tak ada satu pun asupan yang masuk ke dalam tubuh selama berpuasa. Anda masih diperbolehkan untuk minum air tanpa kalori selama berpuasa.

Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk menekan rasa lapar selama puasa:

– minum teh herbal kayu manis karena dapat menekan nafsu makan,
– minum air mineral secara teratur sepanjang hari, baik saat waktu makan ataupun puasa,
– kurangi paparan gambar makanan karena dapat merangsang rasa lapar,
– makan dengan mindfulness saat waktu makan tiba,
– meditasi selama puasa.

Demikian penjelasan mengenai diet intermittent fasting yang dijalani Ade Rai. Selamat mencoba!

(asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts