Deretan 7 Chinatown Terkenal di Dunia, Semarak Sambut Imlek

Banyak negara memiliki Chinatown yang ikonik, sehingga dijadikan tempat yang seru untuk merayakan Tahun Baru Imlek setiap tahun.

Jakarta, CNN Indonesia

Jika ingin melihat kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek, kamu bisa menyambangi Chinatown atau kawasan Pecinan. Di berbagai negara di dunia, banyak terdapat Chinatown, termasuk Indonesia.

Read More

Barangkali tidak ada tempat yang lebih seru untuk merayakan Tahun Baru Imlek seperti di Chinatown. Kalau ingin merasakan pengalaman lebih khusyuk saat Imlek, kamu bisa menyambangi klenteng atau vihara.

Chinatown menawarkan pengalaman menarik ketika merayakan Imlek, karena selain sebagai pusat perdagangan, di kawasan Pecinan bakal ada makanan-makanan khas China yang lezat dan acara-acara unik.

Berikut deretan Chinatown terkenal di dunia yang semarakkan perayaan Tahun Baru Imlek, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Singapura


Chinatown di Singapura saat perayaan Imlek. (Reuters/Edgar Su)

Populasi etnis Tionghoa di Singapura tergolong mayoritas, sehingga tak heran bila Chinatown di sini merupakan salah satu tempat favorit. Kendati Chinatown di Singapura dikelilingi gedung-gedung tinggi, namun aura tradisionalnya masih terasa dan terlihat.

Ruko-ruko tua berderet menyajikan santapan nikmat ketika Imlek, ditambah hiasan dan ornamen yang memeriahkan Chinatown di Singapura, suasana semarak akan membuat kamu betah berada di sana.

2. New York

Chinatown New York adalah salah satu lokasi pemukiman Tionghoa-Amerika terbesar di Amerika Serikat, yang sudah ada sejak 1870-an. Terdapat sekitar 40 blok di Chinatown atau kawasan Pecinan, yang terletak di sekitar Little Italy ke Houston Street.

Kendati Chinatown saat ini sedikit memudar di sejumlah wilayah, setengah dari daya tarik kawasan ini yaitu untuk berdagang, di mana turis bisa menjelajahi setiap sudutnya dengan aktivitas seru sambil menyantap makanan khas China.

3. Bangkok

Chinatown di Bangkok, Thailand, mempertahankan nuansa tempo dulu, sehingga kondisinya tidak banyak berubah dari mulai didirikan. Kawasan Pecinan itu cukup tua dan terdapat beberapa kedai makanan serta kuil yang bisa dikunjungi.

Kamu bisa mendatangi Chinatown di Bangkok yang terbentang di sepanjang Chao Phraya, mulai dari kompleks perbelanjaan River City hingga tepi Pasar Pahurat. Di kawasan Pecinan ini juga ada pasar yang berusia 200 tahun.



4 Chinatown Lainnya di Dunia yang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts