Cuaca Labil, Kenali Pengaruhnya Terhadap Mobil Kesayangan

Suara.com – Saat ini, kondisi cuaca kerap berubah-ubah. Bisa disebut labil, di mana suhu mengalami peningkatan cukup tinggi saat pagi dan siang hari, kemudian drop atau menurun serta terjadi hujan lebat pada sore dan malam hari.

Selain mendatangkan dampak terhadap tubuh manusia, cuaca labil juga berpotensi mendatangkan akibat kepada mobil kesayangan. Sehingga bisa saja mengganggu keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Read More

Dikutip dari rilis resmi Asuransi Astra–yang menjadi payung bagi GardaOto, produk dari Asuransi Astra yang memberikan proteksi terbaik bagi kendaraan–sebagaimana diterima Suara.com,agar terbebas dari situasi kurang menguntungkan ini, periksa kondisi mobil secara teratur.

 “Pergantian suhu yang tidak menentu ini hal di luar kendali kita semua. Kita pun tidak dapat memprediksi cuaca secara tepat, sehingga perlu diingat agar selalu menjaga dan merawat mesin serta bodi mobil melalui pemeriksaan ke bengkel secara teratur dan rutin agar terhindar dari kerugian,” papar Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra.

“Selain itu, penting memastikan bahwa kendaraan diberikan perlindungan asuransi terbaik agar terhindar dari berbagai macam risiko yang merugikan,” lanjutnya.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa kerugian tidak dapat diklaim apabila termasuk kepada hal yang dikecualikan. Selain itu perlu ditelaah jenis pertanggungan,  apakah kerusakan ditanggung asuransi atau tidak. 

Oleh karena itu para pemegang polis diharapkan memeriksa kembali polis yang dimiliki, memastikan jenis perlindungannya, dan jika perlu ajukan perluasan jaminan sesuai kebutuhan guna memberikan proteksi lebih pada kendaraan.

Untuk pelanggan asuransi mobil Garda Oto, Anda dapat dengan mudah melakukan klik tombol darurat di aplikasi myGarda, menelepon Garda Akses 1 500 112  atau chat melalui layanan Whatsapp Garda Akses di nomor 08950 1 500 112 untuk kondisi darurat [Asuransi Astra].

Berikut ini adalah dampak dari cuaca labil terhadap mobil:

Bagian mobil mengalami kerusakan

  • Pergantian cuaca yang memicu perubahan suhu tinggi ke rendah hingga sebaliknya secara tiba-tiba dapat menyebabkan kontraksi dan ekspansi di bagian mobil sehingga mempercepat kerusakan pada bodi mobil, seperti karet dan kaca. Kerusakan ini pun dapat menimbulkan gangguan dan akhirnya memengaruhi performa mobil secara keseluruhan.
  • Karet di berbagai bagian mobil seperti di jendela, kap mesin, dan pintu, jika terkena panas terlalu lama dapat mengeras dan menjadi rapuh serta jika dibiarkan terus menempel.
  • Contohnya karet pada wiper dapat mengganggu pandangan lantaran sekaan air akibat hujan yang tiba-tiba turun tidak sempurna dan bisa membuat kaca depan mobil menjadi baret.
  • Selanjutnya kaca, pergantian suhu yang tidak konsisten berpengaruh buruk yang mengakibatkan kaca mobil retak atau pecah. Kaca mobil yang retak atau pecah dapat menjadi masalah keamanan bagi pengemudi dan penumpang, karena dapat mengganggu penglihatan dan membuat mobil tidak aman untuk digunakan.
  • Interior mobil bisa kerusakan seperti dasbor mobil kusam, material kulit jok dan setir mobil mengalami pecah-pecah dan lama-lama mengelupas bahkan rusak.

 Timbul karat di bodi mobil

  • Karat adalah reaksi kimia atau korosi oksidasi suatu logam yang diakibatkan kelembapan dan udara, sehingga lama-kelamaan mengakibatkan kerusakan mobil.
  • Dalam kondisi suhu yang sering berubah, mobil yang sebelumnya terkena panas dan tiba-tiba terguyur air hujan akan mengalami kelembapan akibat air yang masuk ke dalam celah-celah bodi mobil dan menyebabkan karatan. Jika dibiarkan, dapat merusak bodi mobil dan menyebabkan kerusakan bagian-bagian mobil lainnya.
  • Selain merusak estetika juga mengganggu perjalanan, karena karat dapat mempengaruhi performa mobil dan mempersingkat umur mobil.
  • Karat juga dapat menyerang aki mobil. Akibat suhu yang terlalu panas, cairan aki menguap lebih cepat dari biasanya. Panas menurunkan komponen interior baterai dan membuatnya lebih mudah berubah dan rusak.
  • Jika terjadi karat pada bagian bawah mobil, dapat mempersingkat umur mobil karena karat dapat merusak struktur dasar mobil, sehingga dapat mempengaruhi keseimbangan mobil saat melaju.

Cat mobil kusam dan mengelupas

  • Suhu yang tinggi dapat mempercepat kerusakan cat mobil seperti kusam, karena paparan sinar matahari membuat lapisan cat memudar. Kemudian suhu rendah dan saat hujan menyebabkan cat mobil mengelupas. Kombinasi pergantian suhu yang tidak menentu ini membuat mobil lebih cepat mengalami kerusakan.
  • Cat bodi kusam dan mengelupas membuat mobil terlihat tidak terawat dan tidak indah untuk dipandang. Belum lagi masalah yang lebih serius dan mengurangi performa mobil.
  • Upayakan parkir mobil di area yang tidak langsung terpapar sinar matahari dan tidak meninggalkan mobil dalam keadaan basah terlalu lama.

Bagi pelanggan asuransi mobil Garda Oto, dapat dengan mudah klik tombol darurat di aplikasi myGarda, menelepon Garda Akses 1 500 112  atau chat melalui layanan Whatsapp Garda Akses di nomor 08950 1 500 112 saat keadaan darurat terjadi.

Garda Oto adalah produk dari Asuransi Astra yang siap memberikan proteksi terbaik bagi kendaraan agar pengguna merasakan peace of mind.

Bagi yang ingin membeli dan melakukan perpanjangan polis asuransi hingga klaim dan perluasan jaminan secara online, bisa melalui aplikasi myGarda. 

Sumber: www.suara.com

Related posts