Catat Ya, Cara Beretika di Qatar Saat Nonton Piala Dunia 2022

Qatar merupakan salah satu negara muslim yang konservatif dengan tradisi dan adatnya masih begitu kental, sehingga pengunjung diminta mematuhinya.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar tinggal menghitung jam. Nyaris seluruh pasang mata di dunia akan tertuju pada penyelenggaraan turnamen sepak bola terbesar sejagat.

Para fans sepak bola dari berbagai belahan bumi pun siap datang ke Qatar untuk menyaksikan langsung pertandingan Piala Dunia 2022. Namun, bagi kalian yang ingin berangkat ke negeri Timur Tengah tersebut, kamu perlu mengetahui budaya dan adat setempat.

Sebab, Qatar merupakan salah satu negara muslim yang konservatif yang tradisi dan adatnya masih begitu kental. Para pelancong pun diharapkan menjunjung tinggi budaya dan adat lokasl ketika mengunjungi Qatar.

Berikut beberapa etika untuk pengunjung ketika berada di Qatar, seperti dilansir Japan Times.

Cara Salam atau Menyapa

Sebagai tanda hormat kepada orang yang lebih tua saat di tempat umum, biasanya menyapa sambil berdiri. Sebagian wanita Qatar memilih tidak berjabat tangan dengan pria untuk menghindari kontak fisik dengan lawan jenis karena alasan agama.

Alih-alih berjabat tangan, warga Qatar sering meletakkan tangan kanan di atas jantung sebagai isyarat salam hangat ketika bertemu atau memberi salam kepada orang lain.

Jangan Bermesraan di Tempat Umum

Hindari bermesraan di depan umum seperti berciuman. Berpegangan tangan di tempat umum masih diterima masyarakat di sana. Orang-orang Qatar sebagian besar bisa memakai bahasa Inggis, karena banyaknya jumlah ekspatriat di negara itu.

Pakai Bahasa Arab untuk Ucapan Sederhana

Menggunakan sapaan dasar atau ungkapan terima kasih dengan bahasa Arab akan dihargai oleh penduduk Qatar.

Etika di Dalam Rumah

Apabila orang Qatar mengundang kamu masuk ke rumahnya, selalu lepas sepatu sebelum masuk untuk kesopanan dan alasan kebersihan. Duduk dengan menyilangkan kaki (dalam posisi apa pun) dianggap tidak sopan jika telapak kaki menghadap tuan rumah.

Etika Makan

Biasanya, orang Qatar makan menggunakan tangan dari piring komunal besar yang diletakkan di lantai. Etika makan ini berasal dari budaya gurun Badui. Penting untuk menerima tawaran makan dari tuan rumah, menolak tawaran makan dapat dianggap sesuatu yang tidak sopan.

Minum Kopi

Qatar punya tradisi minum kopi. Sajian kopi Arab yakni dengan memanggang biji kopi lalu merebusnya dengan kapulaga dan kunyit. Minuman itu dituangkan dari pot dalla tradisional yang dituangkan ke dalam cangkir mini dan biasanya sambil memakan kurma.

Saat pot dallah disajikan unuk tamu, tuan rumah akan mencoba kopi terlebih dahulu untuk menguji rasanya. Pengunjung harus minum dengan tangan kanan.

(wiw/wiw)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts