Catat, 6 Makanan Ini Tak Boleh Disantap Berdekatan dengan Nasi

Diet tanpa nasi mungkin jadi pilihan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, adakah efek diet tidak makan nasi bagi tubuh?

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Beberapa makanan dapat mengganggu pencernaan jika disantap berdekatan dengan nasi. Berikut beberapa makanan yang tak boleh dimakan berdekatan dengan nasi.

Nasi jadi salah satu sumber karbohidrat populer. Di Indonesia sendiri, rasanya tak lengkap jika makan tanpa nasi.

Namun, tak semua makanan aman jika disantap berdekatan dengan nasi. Beberapa di antaranya justru bisa memicu masalah pencernaan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penting untuk menerapkan praktik yang mendukung pencernaan lebih baik. Misalnya saja, mengunyah nasi dengan saksama. Menguraikan makanan dengan benar di mulut dapat membantu proses pencernaan dan mengurangi beban kerja lambung serta usus.

Mengunyah perlahan juga merangsang pelepasan enzim yang dapat memperlancar pencernaan.

Selain mengunyah dengan baik, Anda juga perlu memperhatikan beberapa asupan yang disantap berdekatan dengan nasi. Berikut beberapa makanan yang tak boleh dimakan berdekatan dengan nasi, melansir Only My Health.

1. Gorengan

Hindari makan gorengan atau makanan berlemak lainnya sebelum nasi. Makanan tinggi lemak membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Hal ini dapat menunda pencernaan karbohidrat seperti nasi.

Penundaan ini bisa memicu rasa berat dan kembung atau gangguan pencernaan lainnya.

2. Keripik pedas

Keripik pedas dan makanan sejenisnya dapat mengiritasi saluran cerna serta memicu kenaikan asam lambung. Mengonsumsi makanan pedas sebelum nasi dapat memperparah efek tersebut.

3. Sayuran mentah




Ilustrsi. Sayuran mentah, salah satu makanan yang tidak boleh dimakan berdekatan dengan nasi. (kkolosov/Pixabay)

Pada dasarnya, sayuran mentah bermanfaat untuk pencernaan. Namun, mengonsumsi sayuran mentah sebelum nasi bisa menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang.

Sayuran mentah mengandung lebih banyak serat yang sulit diurai dan dapat memicu kembung.

Sebagai gantinya, masak atau kukus sebentar sayuran tersebut agar lebih mudah dicerna.

4. Susu

Beberapa orang bisa mengalami kesulitan mencerna susu dan produk susu lainnya, terutama setelah mengonsumsi nasi.

Intoleransi laktosa atau sensitivitas terhadap produk susu dapat memicu rasa tidak nyaman pada pencernaan dan kembung.

5. Daging

Protein tinggi seperti daging sebaiknya dihindari setelah Anda mengonsumsi nasi. Pasalnya, hal ini hanya dapat memperlambat pencernaan.

Makanan kaya protein membutuhkan lebih banyak waktu untuk dipecah. Hal ini berpotensi memicu rasa lelah atau gangguan pencernaan.

Pilih sumber protein yang lebih rendah lemak seperti ayam panggang, ikan, atau kacang-kacangan.

6. Kue

Banyak dessert atau hidangan penutup hadir dengan rasa manis. Padahal, konsumsi makanan manis setelah makan nasi dapat mengganggu pencernaan dan memicu lonjakan gula darah.

Kondisi ini juga dapat berdampak negatif terhadap tingkat energi. Selain itu, menggabungkan makanan manis dan nasi juga bisa memicu masalah jangka panjang seperti resistensi insulin.

Demikian beberapa makanan yang tidak boleh dimakan berdekatan dengan nasi.

(asr/asr)



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts