Catat, 5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Usus Buntu

Mengalami usus buntu bukan hal yang menyenangkan. Beberapa kebiasaan sepele yang sering Anda lakukan tanpa sadar ini bisa menyebabkan usus buntu.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Mengalami usus buntu bukan hal yang menyenangkan. Beberapa kebiasaan sepele yang sering Anda lakukan tanpa sadar ini bisa menyebabkan usus buntu.

Usus buntu adalah penyakit yang berhubungan erat dengan sistem pencernaan. Masalah usus buntu ini juga bisa menyerang siapa saja dan paling sering terjadi pada mereka yang berusia di rentang 10-30 tahun.

Melansir Verywell Health, usus buntu juga lebih banyak terjadi pada pria alih-alih wanita. Namun, orang-orang dengan faktor genetik atau memiliki keluarga yang menderita usus buntu lebih berisiko daripada yang tidak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, ada beberapa kebiasaan buruk yang tanpa sadar bisa menyebabkan usus buntu. Apa saja?

1. Sering menelan makanan dengan bijinya

Jenis jambu tertentu memiliki biji kecil yang cukup banyak. Terkadang Anda menelannya begitu saja. Jika terlalu sering ini bisa menghalangi pembukaan usus buntu dan menyebabkan radang.

Melansir Health, meskipun sebagian besar benda asing yang tertelan melewati saluran pencernaan tanpa menimbulkan masalah, dalam kasus yang jarang terjadi benda asing dapat masuk ke dalam usus buntu dan terjebak.

Ketika ini terjadi bisa menyebabkan peradangan dan penyumbatan yang menyebabkan radang usus buntu.

2. Menahan kentut

Kentut adalah hal wajar yang dialami manusia. Tapi terkadang kentut bisa membuat malu apalagi jika menghasilkan bunyi dan bau tidak sedap saat Anda berada di tempat umum.

Jalan satu-satunya agar terhindar dari rasa malu adalah dengan menahan kentut. Tapi kebiasaan ini justru berbahaya.

Saat menahan kentut, gas di saluran pencernaan yang seharusnya keluar justru tertahan. Ketika ini terjadi, dinding usus menjadi tipis dan risiko radang di usus buntu semakin besar.

3. Jarang cuci tangan




Ilustrasi. Jarang cuci tangan termasuk kebiasaan yang bisa menyebabkan usus buntu. (offthelefteye/Pixabay)

Ternyata jarang mencuci tangan juga jadi kebiasaan yang bisa menyebabkan radang usus buntu. Hal ini karena kuman dan cacing bisa tertekan yang menyebabkan infeksi di saluran pencernaan. Hal ini juga yang bisa membuat Anda mengalami radang usus buntu.

4. Konsumsi daging olahan

Bagi yang suka makan daging olahan sebaiknya berhati-hati. Daging olahan justru mengandung senyawa yang bisa membuat usus buntu mengalami radang.

5. Menahan buang air besar




Ilustrasi pria di toiletIlustrasi. Menahan buang air besar termasuk kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan usus buntu. (iStock/BrianAJackson)

Selain menahan kentut, menahan buang air besar terutama jika dilakukan terlalu sering juga bisa menyebabkan usus buntu. Hal ini terjadi karena kotoran menumpuk dan mengeras.

Akibatnya, bakteri berkembang semakin banyak hingga usus buntu mengalami radang.

Itulah lima kebiasaan sepele yang tanpa sadar bisa menyebabkan usus buntu. Sebaiknya dihindari untuk mencegah penyakit tersebut.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts