Catat, 5 Jenis Makanan yang Bisa Picu Penyakit Autoimun

Beberapa makanan ini jika dikonsumsi terlalu sering bisa memicu timbulnya penyakit autoimun pada diri seseorang. Apa saja?

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Beberapa makanan ini jika dikonsumsi terlalu sering bisa memicu timbulnya penyakit autoimun pada diri seseorang. Apa saja?

Ada sejumlah makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi terlalu sering karena bisa menyebabkan autoimun, bahkan “haram” dikonsumsi orang-orang yang sudah mengidapnya.

Pasalnya, makanan-makanan tersebut mengandung zat atau nutrisi yang bisa memicu penyakit autoimun kambuh atau semakin parah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Kepala Klinik ALIVE yang khusus menangani penyakit autoimun di Eka Hospital BSD, Iris Rengganis mengatakan sama halnya dengan penyakit diabetes, usus buntu, hingga darah tinggi, autoimun juga sudah ada di tubuh manusia.

Tapi, apakah penyakit tersebut bisa aktif hingga parah juga tergantung pada kebiasaan orang tersebut, terutama kebiasaan yang berhubungan dengan pola makan sehari-hari.

“Semua orang punya (bakat), tapi muncul atau tidak tergantung orangnya, terutama soal makanan,” kata Iris dalam acara peluncuran Klinik Alive Eka Hospital BSD, Rabu (31/1).

Lalu apa saja makanan penyebab autoimun? Berikut daftar makannya:

1. Gluten

Terlalu banyak mengonsumsi gluten bisa memicu penyakit autoimun. Bahkan gluten juga dilarang bagi mereka yang sudah dinyatakan positif autoimun.

Kata Iris, gluten terlalu banyak bisa membuat imun mengalami error. Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi justru bereaksi terhadap gluten hingga menyerang lapisan usus halus.

“Ganti oatmeal atau makanan lainnya dengan yang bebas gluten,” kata dia.

2. MSG

Pengawet dan protein yang terdapat di MSG dapat menyebabkan imun atau sistem kekebalan tubuh mengalami error. Tidak dilarang, hanya dikurangi konsumsi micin atau MSG ini.

3. Biji-bijian




Ilustrasi. Kedelai termasuk makanan yang bisa memicu autoimun. (iStockphoto/Somrakjendee)

Biji-bijian mulai dari kanola, kedelai, hingga biji bunga matahari harus dihindari oleh mereka yang dinyatakan pengidap autoimun. Biji-bijian ini bisa membuat tubuh mengalami peradangan yang malah menyerang imun di dalam tubuh.

4. Kopi dan alkohol

Minum kopi di pagi hari memang terasa menyegarkan. Tapi minum kopi yang juga dibarengi dengan sering konsumsi alkohol bisa membuat tubuh resisten terhadap imun. Efeknya dia akan memicu timbulnya penyakit autoimun.

5. Pewarna makanan




Tanaman bunga menjadi salah satu favorit pengunjung untuk mencoba memakan bunga yang kaya dengan nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Produk organik menjadi pilihan bagi mereka yang mementingkan kesehatan. Mengapa produk organik dinilai lebih sehat.Produk organik pada prinsipnya terbebas dari 4 P, yaitu pewarna, perasa, pengawet, pemanis buatan. CNN Indonesia/Andry NovelinoIlustrasi. Salah satu makanan yang bisa memicu penyakit autoimun adalah pewarna makanan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Mengonsumsi makanan yang dicampur dengan pewarna tambahan justru sangat berbahaya. Pewarna pada makanan ini bisa memicu autoimun, terutama jika dikonsumsi dengan produk gluten.

Itulah lima jenis makanan penyebab autoimun. Harus dihindari agar tidak menyesal di kemudian hari.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts