Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit Tanpa Obat dan Salep Khusus

Kolesterol tinggi jadi masalah bagi banyak orang. Ada beberapa gejala kolesterol pada kulit yang perlu diperhatikan.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Cara menghilangkan gatal pada kulit tidak harus pakai obat atau salep khusus. Ada beberapa cara yang bisa dicoba di rumah.

Penyebab kulit gatal ada banyak. Berdasar laman American Academy of Dermatology (AAD), kulit gatal bisa disebabkan kekeringan di kulit, gigitan serangga, alergi, usia, atau konsumsi obat tertentu.

Apa bisa ditangani? Bisa.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para ahli menyarankan beberapa cara menghilangkan gatal pada kulit tanpa harus konsumsi obat atau memakai salep khusus.

1. Kompres dingin

Menggaruk dianggap sebagai solusi instan kulit gatal. Namun menggaruk kulit bakal membuat kulit luka dan iritasi. Sebaiknya kompres area kulit yang gatal dengan kompres dingin.

Cukup siapkan kain atau handuk kecil dan air dingin atau air es. Celupkan kain pada air, peras airnya, lalu gunakan untuk mengompres selama sekitar 10 menit atau sampai rasa gatal berkurang.

2. Oleskan pelembap

Ilustrasi. Cara menghilangkan gatal pada kulit adalah mengoleskan pelembap. (iStockphoto/AndreiDavid)

Salah satu penyebab kulit gatal adalah kondisi kulit kering. Sebaiknya aplikasikan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit dan rasa gatal hilang.

Untuk kondisi kulit gatal, pilih pelembap yang bebas pewangi dan bahan kimia tambahan yang sifatnya iritatif.

3. Mandi air hangat

Saat area kulit yang gatal cukup luas, kompres mungkin sulit dilakukan. Oleh karenanya, AAD menyarankan untuk mandi air hangat. Batasi waktu mandi maksimal 10 menit. Mandi air hangat terlalu lama bisa menghilangkan kelembapan alami kulit dan membuatnya makin gatal.

4. Pakai humidifier

Kulit bisa cepat kehilangan kelembapan dan gatal akibat udara kering dalam ruangan. Melansir dari Cleveland Clinic, Anda bisa mengembalikan kelembapan kulit menggunakan humidifier.

Gatal-gatal pun bisa timbul akibat perubahan udara yang ekstrem antara dalam ruangan dan dalam ruangan. Salah satu cara menghilangkan gatal pada kulit dengan humidifier yang menetralkan kondisi udara dalam ruangan.

5. Produk perawatan kulit yang bebas iritan

Ilustrasi produk kecantikanIlustrasi. Cara menghilangkan gatal pada kulit adalah pilih produk skincare bebas iritan. (iStock/photoguns)

Dalam kondisi kulit gatal, untuk sementara sisihkan produk perawatan kulit (skincare) yang mengandung iritan seperti pewangi. Sebaiknya pakai lotion dan sabun bebas pewangi hingga gatal reda.

Selain produk perawatan kulit, perhatikan pula detergen yang dipakai. Kandungan pewangi pada detergen bisa mempengaruhi kondisi gatal di kulit.

(els/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts