Cara Menghapus Malware dan Virus dari HP Android

Suara.com – Sama seperti komputer, HP Android bisa menjadi korban virus dan malware. Infeksi ini dapat memperlambat sistem dan menimbulkan gangguan yang menyulitkan penggunaan ponsel.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat pengguna lakukan untuk memindai ponsel dan menghapus malware dan virus dari ponsel Android:

Read More

1. Jika pengguna merasa tahu aplikasi mana yang menyebabkan masalah, pengguna dapat membuka Settings> Apps dan menghapusnya.

2. Alternatifnya, jika pengguna tidak yakin aplikasi mana yang menyebabkan masalah, sekarang saatnya mengunduh dan menginstal aplikasi antivirus ang dapat membantu memindai dan membersihkan ponsel.

Berikut ini cara menghapus malware dan virus dari perangkat Android:

  • Langkah pertama untuk menghapus malware dari ponsel Android adalah dengan menemukannya.

Pertama, matikan ponsel sampai pengguna mengetahui secara spesifik.

Setelah pengguna yakin ponsel diserang malware, tahan tombol daya dan matikan ponsel sepenuhnya. Ini mungkin tidak menghentikan malware untuk menyebabkan kerusakan, namun dapat menghentikan masalah menjadi lebih buruk dan mungkin menghentikan upaya malware yang sedang berlangsung untuk mengakses jaringan terdekat.

Mematikan ponsel juga memberi pengguna aktu untuk berpikir dan meneliti. Jika penelitian tidak menghasilkan apa-apa, pengguna mungkin ingin menghidupkan kembali ponsel dan langsung mengunduh aplikasi anti-malware yang dapat membantu mengidentifikasi penyebab masalah dan bahkan mungkin dapat menghapus perangkat lunak yang terinfeksi.

  • Langkah kedua, beralih ke Safe Mode.

Saat pengguna menghidupkan kembali perangkat dan mencoba mengisolasi aplikasi yang bermasalah, alihkan ke mode aman terlebih dahulu. Ini akan membantu membatasi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh aplikasi yang terinfeksi.

  • Langkah ketiga, untuk sebagian besar perangkat Android, pengguna apat beralih ke mode aman dengan menahan tombol daya selama beberapa detik saat perangkat aktif, lalu ketuk dan tahan opsi Power off.
  • Langkah keempat, tindakan tersebut akan memunculkan beberapa opsi daya, termasuk opsi untuk Reboot to safe mode.

Pilih mode ini dan tunggu ponsel melakukan boot ulang. Jika pengguna tidak dapat menemukan mode aman, aktifkan mode pesawat, untuk memutuskan perangkat dari jaringan mana pun.

Malware di smartphone. [Shutterstock]
  • Langkah kelima, buka Settings dan temukan aplikasinya.

Kunjungi bagian pengaturan di ponsel. Pengaturan biasanya memiliki ikon berbentuk roda gigi, kemudian gulir ke bawah hingga pengguna menemukan opsi Apps. Cari daftar semua aplikasi yang terinfeksi.

  • Langkah keenam, pilih aplikasi dan klik opsi Uninstall.

Hapus aplikasi yang terinfeksi dan hal lain yang mencurigakan. Perangkat akan menghapus aplikasi yang dimaksud. Ada baiknya juga untuk meninjau daftar aplikasi dan menghapus unduhan mencurigakan lainnya.

Itulah cara yang bisa pengguna lakukan untuk menghapus malware atau virus di HP Android.

Sumber: www.suara.com

Related posts