Cara Makan Croissant yang Slay Menurut Ahli Etiket

Ahli etiket Inggris viral di Instagram lantaran membagikan tata krama dan cara makan croissant yang benar. Berikut caranya.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Meski perdebatan bagaimana cara makan croissant yang benar ala orang asli Paris masih terjadi, tapi tentu saja semua orang punya cara makannya masing-masing.

Ada yang suka makan croissant langsung digigit, ada yang butuh pisau dan garpu untuk mengirisnya kecil-kecil, atau bahkan mencelupkan pastrynya ke dalam kopi atau minuman cokelat. 

Beberapa mengklaim mencelupkan croissant ke dalam minuman adalah ‘Parisian way to eat croissant,‘ tapi ada juga yang menyebutnya itu bukan cara orang Prancis makan pastry. 


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun yang pasti, di Inggris, mencelupkan croissant ke dalam kopi bukan hal yang sesuai tata krama atau etiket makan. 

Pakar etiket William Hanson menyebut kecintaan orang Prancis untuk mencelupkannya ke dalam kopi tidak dapat diterima di Inggris  ‘atau masyarakat kelas atas di mana pun.’

William telah membuat video viral di Instagram di mana dia menjelaskan cara makan croissant yang benar, dan poin pertama yang dia sampaikan adalah untuk tidak mencelupkan croissant ke dalam kopi  

‘Di Inggris, atau memang di masyarakat kelas atas di manapun, kami berusaha untuk tidak mencelupkan makanan ke dalam minuman kami,” katanya kepada MailOnline Travel.

‘Meskipun croissant yang direndam kopi mungkin lezat bagi sebagian orang, ini adalah praktik yang paling baik dilakukan saat berada di rumah dengan tirai tertutup.”

Aturan kedua, katanya, adalah untuk tidak mengoleskan mentega tambahan ke pastry tersebut, lantaran croissant sudah memiliki mentega di dalamnya. 

“Anda tak butuh mentega tambahan di dalamnya,” kata dia dikutip dari Daily Star.

Larangan lainnya adalah menggunakan pisau untuk memotong croissant sebelum menambahkan selai. Tak perlu memakai pisau untuk memotongnya, tapi hanya disobek dan dioles selai. 

“Sekali lagi, dengan roti atau produk sampingan roti apa pun, kami tidak akan menggunakan pisau untuk memotongnya, jadi Anda tidak memerlukan pisau untuk memotongnya. Sebagai gantinya, Anda cukup mematahkan sedikit croissantnya. Tambahkan selai, selai jeruk, atau apa pun yang ingin Anda tambahkan, ke dalam potongan croissant itu.”

“Ingat untuk mengoleskan selai ke croissant di piring, dan bukan di diangkat dengan tangan lalu dioles.’

Kami bertanya kepada William apakah ada olesan yang dianggap ‘tidak sopan’ untuk ditambahkan ke croissant.

‘Di Prancis,  negara asli croissant, selai seperti selai stroberi atau raspberry lebih disukai. Anak-anak mungkin lebih suka olesan coklat, tapi yang terbaik adalah tetap klasik dan tetap menggunakan selai buah.’

Dan haruskah seseorang menambahkan olesan pada pain au chocolat?

William berkata: ‘Tidak perlu menambahkan selai ke dalam pain au chocolat kecuali seseorang sangat ingin menjalani angioplasti (prosedur operasi untuk mengatasi pembuluh darah jantung yang tersumbat).’

(chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts