Bikin Pencernaan Lancar, Ini 7 Minuman Pembersih Usus yang Kotor

Minum air yang cukup itu baik. Namun ingat minum terlalu banyak juga bisa berbahaya untuk kesehatan. Hal ini disebut sebagai overhidrasi.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Membersihkan usus bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan konsumsi minuman pembersih usus yang kotor. Apa saja?

Usus berperan penting dalam sistem pencernaan manusia. Fungsi usus di antaranya mencerna makanan, menyerap nutrisi, sampai mengeluarkan zat sisa metabolisme di tubuh.

Sama seperti organ tubuh lainnya, usus juga bisa dilewati oleh racun dan limbah yang tak dibutuhkan tubuh. Jika dibiarkan, limbah yang bersarang di usus tersebut bisa memicu sejumlah penyakit.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada beberapa cara membersihkan usus besar, salah satu yang bisa dilakukan adalah irigasi kolon atau enema. Di luar itu, Anda bisa membersihkan usus secara alami lewat asupan makanan dan minuman.

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah minuman pembersih usus yang kotor.

1. Air putih

Mengutip Healthline, tetap terhidrasi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tak cuma buat usus, asupan air mineral juga penting untuk menjaga fungsi organ tubuh yang lain.

2. Air garam

Air garam digunakan dalam metode saltwater flush. Metode ini jadi pilihan bagi mereka yang mengalami sembelit dan BAB tidak teratur.

Campurkan 2 sdt garam dengan segelas air hangat. Biasanya, orang menggunakan garam laut atau garam Himalaya.

Minumlah air garam dengan cepat saat perut kosong. Dalam beberapa menit, Anda akan mulai merasakan keinginan untuk buang air besar.

Namun demikian, hanya ada sedikit bukti ilmiah terkait metode tersebut. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya.

3. Jus apel




Ilustrasi. Jus apel termasuk minuman pembersih usus yang kotor. (iStockphoto/aluxum)

Minuman pembersih usus yang kotor selanjutnya adalah jus apel.

Mengutip Healthshot, jus apel dapat memecah racun, memperbaiki fungsi hati, sekaligus meningkatkan pergerakan usus. Hal ini didapat karena kandungan serat larut yang ada di dalamnya.

Serat larut membantu melembapkan lapisan usus sehingga melancarkan gerakan.

Untuk hasil maksimal, minum-lah segelas air putih 30 menit sebelum meminum jus apel. Jangan tambahkan gula dalam jus apel Anda.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel dianggap sebagai salah satu sumber probiotik yang bisa membersihkan usus. Enzim dan asam yang dikandung cuka sari apel diduga dapat menekan bakteri jahat.

Selain cuka sari apel, Anda juga bisa mendapatkan asupan probiotik lainnya dari minuman yogurt dan kefir.

5. Air jahe




ilustrasi teh jaheIlustrasi. Air jahe termasuk minuman pembersih usus yang kotor. (iStockphoto/5second)

Mengutip MedicineNet, jahe punya kemampuan untuk merangsang pencernaan. Dengan begitu, jahe juga dapat membantu membersihkan usus.

Rebus jahe yang telah digeprek dalam air panas, campurkan dengan madu untuk menambah rasa. Minuman jahe bisa dikonsumsi 1-2 kali dalam sehari.

6. Jus alpukat

Alpukat mengandung senyawa antioksidan bernama glutathione. Senyawa ini membantu mengatur ulang sel-sel lapisan usus, yakni entrosit.

Anda bisa mendapatkan asupan glutathione dari segelas jus alpukat tanpa pemanis tambahan.

Selain alpukat, glutathione juga terdapat dalam sayur asparagus dan kangkung.

7. Air lemon madu




Ilustrasi Madu dan LemonIlustrasi. Air lemon dan madu termasuk minuman pembersih usus yang kotor. (onefox/Pixabay)

Mengutip Medical News Today, tingginya kandungan antioksidan seperti vitamin C dalam lemon dapat membantu membersihkan usus besar.

Campurkan perasan lemon dengan madu dan segelas air hangat. Untuk hasil terbaik, minum air lemon saat perut kosong di pagi hari.

Demikian beberapa minuman pembersih usus yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya.

Itulah 7 minuman pembersih usus yang kotor. Semoga bermanfaat.

(tim/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts