Bersyukur Bikin Hidup Lebih Bahagia, Caranya Sederhana Kok

Salah satu cara untuk hidup lebih bahagia adalah dengan bersyukur. Simak cara-cara bersyukur yang sederhana dan bisa dilakukan setiap hari.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Salah satu cara untuk hidup lebih bahagia adalah dengan bersyukur. Simak cara-cara bersyukur yang sederhana dan bisa dilakukan setiap hari.

Bersyukur memang bikin hidup lebih bahagia dan positif. Hal ini bukan omong kosong sebab sejumlah riset sudah membuktikannya.

Dua psikolog, Robert A. Emmons (University of California, Davis) dan Michael E. McCullough (University of Miami) melakukan riset mengenai rasa syukur. Mereka menemukan kebiasaan bersyukur membuat diri lebih baik dan optimistis.

Seperti dilansir dari Harvard Health Publishing, mereka melibatkan tiga kelompok partisipan. Kelompok pertama diminta menulis tentang hal-hal yang disyukuri, kelompok kedua tentang hal-hal yang menyebalkan dan kelompok ketiga tentang hal-hal yang mempengaruhi mereka (tanpa embel-embel positif atau negatif).

Mereka diminta menulis tiap minggu selama 10 minggu. Hasilnya, kelompok yang menulis hal yang disyukuri tiap minggu jadi lebih optimistis dan merasa lebih baik. Yang unik, mereka juga lebih banyak olahraga dan jarang ke dokter dibanding kelompok yang menulis hal-hal yang mengesalkan.

Kebiasaan bersyukur mudah sekali dilakukan. Berikut cara-cara bersyukur yang sederhana dan bisa dipraktikkan sehari-hari.

1. Katakan saja

Anda bisa mengungkapkan apa yang Anda syukuri hari ini. Mendengar diri sendiri mengatakannya dengan lantang membantu memperkuat hal tersebut dalam ingatan.

Anda pun bisa merekam dan menyimpannya sehingga suatu saat Anda butuh suntikan energi positif, rekaman tinggal diputar lagi.

2. Tulis

Cara bersyukur lainnya adalah menuliskannya pada buku atau selembar kertas. Cara ini ampuh untuk menghubungkan pikiran dan tubuh sehingga memperkuat perasaan positif.

Seperti dilansir dari Reader’s Digest, coba bawa buku catatan mini untuk memudahkan menuliskan hal yang disyukuri. Anda pun bisa menuliskannya pada jurnal secara rutin misal malam sebelum tidur atau pagi hari.

3. Bagikan rasa syukur dengan orang lain

Berbagi rasa syukur akan berdampak besar baik pada diri sendiri maupun orang lain. Hal ini pun akan memperkuat ikatan Anda.

Anda bisa mengirim pesan singkat tentang betapa Anda bersyukur memiliki mereka dalam hidup. Ucapan terima kasih pun akan begitu berarti terlebih pada orang sekitar yang membantu hidup Anda misalnya, kasir swalayan, cleaning service kantor atau satpam kompleks.

4. Habiskan waktu dengan orang terkasih

Susah bersyukur? Coba habiskan waktu bersama orang terkasih termasuk sahabat, teman, atau keluarga. Anda akan tumbuh lebih dekat dengan mereka dan memiliki kesempatan untuk mempraktikkan rasa terima kasih dan syukur pada mereka.

5. Ikut program volunteer

Buat sebagian orang, salah satu cara bersyukur adalah dengan memberikan sesuatu buat komunitas setempat. Tak ada salahnya Anda turut dalam program jadi sukarelawan (volunteer).

Seperti dilansir dari Forbes, riset oleh Martin Seligman, profesor di University of Pennsylvania, menemukan menjadi sukarelawan adalah satu-satunya cara paling andal untuk meningkatkan kesejahteraan.

6. Meditasi syukur

Pikiran mengontrol perasaan sehingga memfokuskan pikiran pada syukur dengan meditasi akan jadi salah satu cara untuk lebih banyak bersyukur. Sebaiknya lakukan meditasi syukur setidaknya 5 menit setiap hari. Jika baru mulai meditasi, sebaiknya Anda bermeditasi dengan pendampingan (guided meditation).

(els/chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts