Berapa Sebenarnya Turun Berat Badan yang Normal Saat Diet?

Alih-alih menurunkan, puasa Ramadhan justru berpotensi meningkatkan berat badan. Mengapa bisa demikian?


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

TurunĀ berat badan memang sangat penting untuk mereka yang sedang diet. Tapi berapa normalnya turun berat badan per bulan, terutama saat sedang diet?

Menurunkan berat badan secara berkelanjutan membutuhkan motivasi, kesabaran, dan waktu yang tidak mudah. Makanya, tidak sedikit orang yang akhirnya menyerah karena merasa timbangannya tak kunjung berubah.

Meski begitu, melansir Times of India berat badan yang turun dengan cepat juga bukan hal yang bagus. Lagi pula saat berat badan turun dengan cepat, misalnya 10 kilogram dalam satu bulan belum tentu Anda bisa mempertahankannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ingat, saat diet dan berat badan turun dengan cepat bisa jadi diet yang dijalani tidak sehat dan tidak seimbang. Lalu, berapa normalnya turun berat badan per bulan?

Melansir Eatingwell, turun berat badan juga bergantung pada individu masing-masing. Biasanya orang dengan tubuh lebih besar bisa turun lebih banyak di awal, pasalnya mereka memiliki berat badan lebih banyak.

Pendiri Sarah Gold Nutrition, Sarah Gold Anzlovar mengatakan secara umum satu hingga dua pon atau setengah hingga satu kilogram per minggu adalah jumlah yang normal. Itu berarti 3,6 kilogram per bulan masih sangat aman dalam hal menurunkan berat badan.

“Beberapa orang mungkin kehilangan lebih dari itu di awal. Tapi sering kali yang terjadi hanyalah banyak air dan bukan kehilangan lemak yang sebenarnya,” kata dia.

Fluktuasi berat badan lebih kompleks daripada kalori masuk dan kalori keluar. Pertimbangkan bahwa 2 gelas air memiliki berat sekitar 1 pon, dan kebanyakan orang menurunkan berat badan hanya dengan pergi ke kamar mandi.

Otot, lemak, tulang, air, jaringan, organ, dan apa pun yang ada di dalam saluran pencernaan membentuk berat total Anda. Angka pada timbangan tidak dapat memberi tahu Anda apakah berat yang Anda turunkan adalah air, otot, atau lemak.

Diet ketat dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat, namun Anda mungkin kehilangan massa otot dan cairan, yang tidak ideal dan pada akhirnya dapat merusak metabolisme Anda.

Oleh karena itu sangat penting memperhatikan berapa normalnya turun berat badan per bulan. Jangan sampai berlebihan karena tidak sehat untuk tubuh Anda.

(tst/chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts