Berapa Kali Sebaiknya Celana Dalam Diganti?

Rumah mode Italia, Miu Miu, menjual celana dalam seharga US$5.600 atau sekitar Rp86 juta. Celana ini menjadi celana dalam termahal di dunia.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Rutin mengganti celana dalam adalah salah satu bentuk menjaga kesehatan organ intim yang bisa dilakukan siapa saja.

Sayangnya masih banyak yang bingung berapa kali sebaiknya celana dalam diganti dalam sehari?

Celana dalam jadi salah satu sandang paling penting untuk wanita. Namun, karena lokasi penggunaan yang cukup tersembunyi, banyak yang menyepelekan penggunaan dan kapan celana ini harus diganti.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa orang mungkin mengganti celana dalam sehari sekali. Ada juga yang mungkin mengganti dua hingga tiga hari sekali, tergantung kenyamanan dan lembap yang dirasakan di area intim.

Melansir berbagai sumber meskipun belum pasti, Anda disarankan mengganti celana dalam dua kali dalam sehari. Tapi jika memang terlalu sibuk mengganti satu kali sehari juga masih diperbolehkan.

Rutin mengganti celana dalam perlu dilakukan untuk menghindari risiko terkena infeksi, lecet, dan rasa tidak nyaman hingga gatal akibat lembap.

Hal ini juga diungkap oleh Dokter Kandungan-Ginekologi yang juga merupakan ahli endokrinologi reproduksi Taraneh Nazem. Menurutnya, mengganti pakaian dalam dua kali sehari, terutama bagi Anda yang memiliki gaya hidup aktif hukumnya justru wajib.

“Jarang mengganti celana dalam dapat menyebabkan kelembapan yang membuat organ intim rentan terkena jamur dan iritasi kulit,” kata Nazem melansir Well+Good.

Kelembapan ekstra tersebut juga dapat menyebabkan penumpukan bakteri yang mengganggu keseimbangan mikrobioma vagina. Sehingga berpotensi menyebabkan bakterial vaginosis (BV), yaitu infeksi yang dapat menyebabkan nyeri, gatal, dan keputihan pada vagina.

“Mengganti pakaian dalam juga lebih baik daripada hanya memakai liner atau pad (pada pakaian dalam yang kotor), karena dapat menyebabkan iritasi dan lecet tambahan,” tambahnya.

Kapan mengganti celana dalam?

Soal ketepatan waktu, memang tak ada aturan baku kapan sebaiknya celana dalam diganti dalam sehari. Namun, waktu yang paling penting adalah sebelum tidur.

Menurut Nazem, Anda disarankan menggunakan satu set pakaian dalam baru sebelum tidur atau setelah mandi. Jangan mengenakan pakaian dalam yang sama yang digunakan sbelum tidur dan mandi.

Dia juga menyinggung soal bahan celana dalam yang sebaiknya disesuaikan dengan aktivitas yang akan dilakukan seharian. Misalnya, memilih celana dalam yang bisa menyerap keringat saat melakukan aktivitas olahraga.

“Dan sama seperti mengganti pakaian olahraga yang berkeringat setelah berolahraga dengan baik, pakaian dalam Anda juga harus diganti setelah berolahraga,” kata dia.




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts