Benarkah Salad Wortel Bisa Menyeimbangkan Hormon? Ini Kata Dokter

Salah satu makanan yang disarankan untuk diet sehat adalah sayuran. Simak beberapa jenis sayuran untuk mengecilkan perut secara alami berikut ini.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Salad wortel dianggap bisa menyeimbangkan hormon. Informasi ini bahkan telah viral di media sosial TikTok. Banyak orang yang akhirnya percaya bahwa salad wortel bisa membuat hormon lebih seimbang.

Tapi, benarkah demikian?

Dokter spesialis gizi, Johanes Chandrawinata mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang mengungkap bahwa wortel terutama saat dibuat salad dan dikonsumsi bisa menyeimbangkan hormon.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Belum pernah ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa salad wortel mentah memberi efek baik pada keseimbangan hormon ,” kata Johanes saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (10/1).

Wortel sendiri memang mengandung serat pangan yang cukup banyak dan bagus untuk usus. Serat pangan ini juga bagus untuk mikrobioma penghuni usus yang tugasnya mengatur kadar hormon estrogen.

Kata Johanes, kurang lebih ada dua gram serat pangan dalam satu buah wortel ukuran sedang. Serat pangan ini membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, khususnya memperlambat pencernaan makanan dan mencegah konstipasi atau sembelit.

Selain itu, wortel juga mengandung berbagai karotenoid dan antosianin. Sehingga wortel banyak mengandung antioksidan yg berperan penting dalam mengurangi stress oksidatif didalam tubuh.

Semua zat tersebut bisa menurunkan gejala migren. Tapi kata johanes hal yang perlu diingat adalah wortel saja tidak mampu mengobati migrain.

“Yang ada zat-zatnya hanya itu dan tidak ada jenis serta pangan khusus yang terdapat pada wortel, terutama saat dibuat salad bagus untuk menyeimbangkan hormon,” kata dia.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts