Begini Jadinya Mobil Pengangkut Sayur Dipakai untuk Balap Paris Dakar, Tak Disangka!

Suara.com – Sering dijumpai di pasar, mobil bak terbuka yang kerap dipakai untuk mengangkut sayur. Mobil tersebut yakni Mitsubishi Colt L300.

Tak sedikit orang menggunakan mobil ini untuk mengangkut sayur. Ada juga yang memanfaatkan mobil ini untuk angkutan umum, ambulans pada masanya.

Read More

Ada fakta menarik dari Mitsubishi L300 ini dimana mobil ini pernah ikut balap Paris Dakar. Dilansir dari dakardantan, Mitsubishi L300 berpartisipasi dalam ajang Paris Dakar.

Jauh sebelum partisipasi di Rally Dakar, Mitsubishi membekali mobil ini dengan mesin diesel konvensional berkapasitas 2.300 cc dan mampu memukau dunia. Berbekal mesin tersebut, mobil ini mampu memuntahkan tenaga hingga 65 dk dengan torsi 137 Nm.

Lalu, Mitsubishi L300 ini mendapatkan ubahan empat tahun setelahnya dengan mesin yang lebih sangar.

Pada masa itu, Mitsubishi L300 dibekali mesin diesel 4D56 Astron berkapasitas 2.500 cc. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu memuntahkan tenaga hingga 74 dk dengan torsi 142 Nm.

Dan tibalah ketika Mitsubishi L300 menjajal keganasan rute di Rally Paris Dakar yang dikenal dengan balapan yang menghabiskan waktu berhari-hari demi berjuang di medan yang sangat berat.

Mitsubishi L300 yang pernah mengikuti ajang Rally Paris Dakar (dakardantan)

Nah khusus untuk reli Paris Dakar 1980-an, Mitsubishi L300 yang digunakan adalah yang bertipe penggerak 4 roda alias 4WD.

Jenis ini sering dipanggil Mitsubishi Delica L300 4WD yang sayangnya tidak dikeluarkan di Indonesia.

Dapur pacunya pun lebih bertenaga dibanding versi 2WD yang beredar di Indonesia. Tepatnya L300 4WD atau yang kerap dipanggil Delica L300 4WD ini pakai mesin diesel 4D56 T Astron dengan turbo. Tenaga maksimalnya ada di angka 83 dk dengan torsi tembus 201 Nm.

Ketangguhan Mitsubishi L300 ini di ajang Rally Paris Dakar membuat dijuluki “The Mighty Wombat”.

Dengan prestasi dan ketangguhannya, tentunya ini menjadi kebanggaan sendiri Mitsubishi L300 yang kerap dicap sebagai mobil pengangkut sayur.

https://www.youtube.com/watch?v=6eQQzctqt6c

Sumber: www.suara.com

Related posts