Bali Masuk Destinasi Terpopuler Dunia, Sandiaga Harap 5 DSP Menyusul

Selain Bali, Indonesia punya 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) yang diharapkan Menparekraf Sandiaga Uno bisa masuk daftar destinasi terpopuler di dunia juga.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Bali mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, setelah dinobatkan sebagai peringkat kedua Destinasi Terpopuler di Dunia 2023 versi situs perjalanan TripAdvisor.

Dalam daftar Travelers’ Choice Award for Destinations, Bali hanya kalah dari Dubai di Uni Emirat Arab, yang menduduki urutan teratas. Meski begitu, Bali mengalahkan kota-kota besar dunia lainnya seperti London, Roma, dan Paris.

Sandiaga Uno menuturkan, Bali masih menjadi top of mind para wisatawan sebagai destinasi favorit untuk liburan. Terlebih usai Covid-19 mereda, wisatawan yang sudah rindu kehangatan pulau tropis diprediksi akan menyerbu Pulau Dewata.

“Bali naik dua peringkat, dari peringkat keempat pada tahun 2022 menjadi peringkat kedua pada tahun 2023 berhasil mengalahkan London di peringkat ketiga dan Paris di peringkat kelima,” ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Selasa (24/1).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berharap, nantinya bukan hanya Bali yang terpopuler di dunia, karena Indonesia juga memiliki lima Destinasi Super Prioritas (DSP) antara lain, Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Likupang di Sulawesi Utara.

“Tugas Bali, bisa menjadi pengumpan bagi 5 DSP lainnya. Ini merupakan prestasi yang patut kita syukuri. Kita berharap ke depannya berkembang destinasi lain di Indonesia selain Bali,” kata Sandiaga.

Di masa depan, Sandiaga berharap destinasi selain Bali juga bisa masuk daftar sebagai tempat berlibur yang terpopuler di dunia. “Bahkan, kita berharap destinasi di Indonesia dapat meraih urutan pertama sebagai destinasi populer dunia di tahun-tahun selanjutnya,” ucapnya.

Bali mendapat predikat destinasi terpopuler kedua di dunia untuk 2023 setelah memenuhi indikator penilaian terhadap kualitas dan kuantitas ulasan selama periode November 2021-Oktober 2022.

Selain peringkat global, ada juga sub kategori akomodasi, restoran, dan hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di tempat wisata, yang jadi pertimbangan untuk masuk top list Travelers’ Choice Award for Destinations.

Berikut 10 teratas destinasi terpopuler di dunia tahun 2023 versi TripAdvisor.

1. Dubai, Uni Emirat Arab
2. Bali, Indonesia
3. London, Inggris
4. Roma, Italia
5. Paris, Prancis
6. Cancun, Mexico
7. Crete, Yunani
8. Marrakech, Maroko
9. Dominican Republic
10. Istanbul, Turki

(wiw)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts