Awas Terkecoh, 7 Makanan ‘Sehat’ Ini Justru Bisa Bikin Gemuk

Alih-alih menurunkan, puasa Ramadhan justru berpotensi meningkatkan berat badan. Mengapa bisa demikian?

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Julukan ‘makanan sehat’ seolah jadi jaminan untuk banyak hal, terutama urusan berat badan. Padahal, tak semua makanan sehat bikin Anda terhindari dari risiko kenaikan berat badan.

Ada beberapa makanan sehat yang justru bisa bikin gemuk. Simak daftarnya berikut ini, jangan sampai terkecoh.

1. Alpukat

Alpukat jadi salah satu buah favorit bagi mereka yang sedang diet. Selain enak dan mengenyangkan, alpukat juga rendah gula dan kaya lemak sehat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, konsumsi alpukat berlebih juga tak disarankan karena bisa bikin berat badan naik. Mengutip berbagai sumber, alpukat masuk dalam buah tinggi kalori.

Maka dari itu, makan alpukat secukupnya agar berat badan tidak naik.

2. Jus buah

Jus buah sering dianggap sebagai minuman sehat. Tapi, jus buah, utamanya dalam bentuk kemasan, justru tinggi gula, kurang sehat, dan malah berpotensi bikin berat badan naik.

Mengutip Healthline, minum jus buah dalam jumlah berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas. Sebaliknya, hilangkan dahaga Anda dengan air, dan nikmati buah-buahan utuh daripada jus.

3. Sereal manis

Makanan sehat yang bikin gemuk lainnya adalah sereal. Banyak sereal yang mengandung kalori dan gula tambahan.

Tak cuma itu, sereal juga merupakan makanan olahan yang membuat nutrisi dan serat dari biji-bijian justru hilang.

Alih-alih sereal, Anda disarankan memilih varietas gandum utuh yang rendah gula.

4. Air kelapa




Ilustrasi. Air kelapa, salah satu minuman dan makanan sehat yang bisa bikin gemuk. (iStockphoto/artJazz)

Air kelapa jadi salah satu minuman alami paling populer. Air kelapa mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Tapi, kandungan gula dan kalori dalam air kelapa juga tergolong tinggi.

Satu cangkir ukuran 240 ml air kelapa mengandung 45 kalori dan 6 gram gula.

Oleh karena itu, meski air kelapa jauh lebih rendah kalori dan gula dibandingkan minuman seperti jus dan soda, sebaiknya batasi konsumsi minuman manis apa pun, termasuk air kelapa.

5. Granola

Meski granola mengandung bahan-bahan bergizi seperti oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kelapa, tapi banyak juga yang mengandung gula tambahan.

Untuk mengontrol asupan gula, pilih granola dengan kandungan gula tidak lebih dari 6 gram per porsi.

Lebih baik lagi, buat granola sendiri di rumah dengan memanggang oat, kayu manis, kacang-kacangan, kelapa, minyak kelapa, dan buah kering dalam suhu rendah.

6. Protein bar

Banyak orang mengandalkan protein bar untuk meningkatkan energi dengan cepat dan nyaman.

Meski diklaim sehat dan bergizi, tapi protein bar juga mengandung banyak kalori, gula, dan bahan-bahan buatan.

Makanya, alih-alih protein bar, pilih camilan berbahan dasar makanan utuh yang lebih bergizi dapat menawarkan kandungan kalori dan protein yang sama.

7. Salad dengan dressing

Salad memang menyehatkan. Tapi, ketika ditambah dengan dressing, salad justru bisa menaikkan berat badan. Pasalnya, dressing salah biasanya mengandung banyak kalori dan garam serta gula.

Demikian beberapa daftar makanan sehat yang bikin gemuk. Jangan sampai terkecoh.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts