Awas, 5 Makanan Ini Bisa Jadi Racun Jika Disimpan di Kulkas

Ada banyak manfaat bawang putih untuk kesehatan pria, mulai dari mencegah risiko penyakit kronis, menjaga imunitas, hingga meningkatkan kesuburan.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Sebagian besar orang mungkin menganggap menyimpan makanan di kulkas adalah cara jitu agar lebih awet. Namun, ternyata ada sejumlah makanan yang bisa jadi racun jika disimpan di kulkas.

Menyimpan makanan di dalam kulkas memang bisa memperpanjang masa konsumsinya. Namun, kebiasaan ini rupanya juga dapat membahayakan kesehatan.

Alih-alih jadi lebih segar dan tahan lama, kesehatan Anda dan keluarga justru akan jadi taruhannya. Karena itu, Anda harus mulai memilah ulang makanan mana yang perlu disimpan di kulkas dan mana yang tidak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apalagi, kulkas yang penuh sesak oleh makanan, sayur, dan buah bisa jadi tempat sarang berkembangnya bakteri.

Melansir berbagai sumber, berikut ini makanan yang bisa jadi racun jika disimpan di dalam kulkas.

1. Bawang putih

Dimple Jangda, pakar kesehatan dari India mengatakan, Anda tidak boleh menyimpan bawang putih yang sudah dikupas di dalam kulkas. Hal ini, kata dia, karena bawang putih akan cepat terkena jamur yang dikaitkan dengan risiko penyakit kanker.

“Pernahkah Anda melihat baunya yang sangat menyengat? Selalu beli bawang putih segar yang sudah dikupas. Buang kulitnya hanya saat Anda akan memasaknya dan selalu simpan di luar lemari es,” kata Jangda melansir The Healthsite.

2. Bawang bombay

Jangda menjelaskan bahwa bawang bombay merupakan tanaman yang tahan terhadap suhu rendah, dan ketika disimpan di kulkas, pati akan berubah menjadi gula dan menjadi tempat tumbuhnya jamur.

“Banyak orang melakukan kesalahan dengan memotong setengah bawang bombay, memasaknya, dan menyimpan separuh lainnya di lemari es. Jangan pernah melakukan itu,” katanya.

Ia menambahkan kebiasaan menaruh bawang bombay di kulkas juga akan mengumpulkan semua bakteri tidak sehat di lingkungan dan menjadi tempat berkembang biaknya jamur.

3. Roti




Ilustrasi. Roti termasuk makanan yang bisa jadi racun jika disimpan di dalam kulkas. (iStockphoto/fcafotodigital)

Makanan yang bisa jadi racun jika disimpan di kulkas selanjutnya adalah roti. Molekul pati dalam roti mengkristal dengan sangat cepat pada suhu dingin, sehingga menyebabkan roti lebih cepat basi saat didinginkan.

Jika dikonsumsi, roti yang telah disimpan di kulkas bisa menyebabkan diare dan sakit perut. Karena itu, simpanlah roti yang Anda beli di dalam kantong plastik kedap udara pada suhu ruang, bukan di kulkas.

4. Jahe

Jamur mulai tertular dengan sangat cepat saat Anda membekukan jahe kembali. Hal ini dikaitkan dengan gagal ginjal dan hati, sehingga disarankan untuk tidak menyimpan jahe di dalam kulkas.

5. Cokelat




Chocolate chunks on a stone backgroundIlustrasi. Cokelat salah satu makanan yang bisa jadi racun jika disimpan di kulkas. (Istockphoto/solidcolours)

Menukil Healthshots, menyimpan cokelat di kulkas tidak membuatnya tidak bisa dimakan, namun akan menyerap bau makanan lain dan mengubah konsistensinya.

Hal ini dapat membuat usus Anda tidak stabil dan dapat menyebabkan sakit perut atau bahkan gerakan lemas. Sebaiknya simpan cokelat bisa suhu ruang.

Itulah 5 makanan yang bisa jadi racun jika disimpan di kulkas. Sebaiknya hindari dan simpan di suhu ruang terbuka.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts